Cuaca Ekstrem, Inggris Dihantam Badai Salju 'Thundersnow'

LONDON - Inggris dilaporkan dihantam cuaca ekstrem thundersnow. Hal tersebut terjadi setelah cuaca dingin disertai hujan salju melanda Skotlandia dan Wales.

Diwartakan oleh The Guardian, Jumat (13/1/2017) thundersnow terjadi pada Kamis 12 Januari malam waktu setempat. Thundersnow sendiri merupakan sebutan untuk badai hujan salju yang disertai petir dan guntur. Umumnya petir dan guntur terjadi diiringi hujan air.

Perbedaan mendasar dari thundersnow dan badai hujan air biasa terletak pada suara gemuruh petir. Jika pada badai hujan air, suara petir akan terdengar dalam jangkauan wilayah yang luas maka di thundersnow suara petir terdengar dalam jangkauan yang lebih sempit. Dan jika suara petir terdengar seseorang, hal tersebut menunjukkan posisi kilat berada dalam jarak dekat.

Sumber: CNN

Badan Metereologi Inggris telah memperingatkan warganya untuk berhati-hati terutama saat terjadinya petir. Petir akan muncul dengan cahaya yang sangat terang di antara hujan salju. Hal ini karena cahaya petir memantul melalui kepingan salju yang jatuh dan memberikan efek mengejutkan.

Fenomena cuaca thundersnow termasuk hal yang langka terjadi di Inggris. Namun, thundersnow merupakan fenomena cuaca yang umum terjadi di Amerika Serikat (AS). (rav)

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x