Siap-Siap Daftar Kuliah di PTN Lewat Seleksi Ini !

Foto: Okezone

Foto: Okezone

JAKARTA - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir secara resmi meluncurkan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 sebagai jalur seleksi yang bisa diikuti oleh calon mahaiswa.

Dalam peluncuranya, ia didampingi oleh Sekertaris Jenderal (Sekjen), Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (KMRPTN) dan Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2017.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (KMRPTN), Herry Suhardiyanto menuturkan bahwa jalur seleksi tersebut bisa dimanfaatkan para siswa untuk meraih kesempatan berkuliah di PTN.

"Melalui jalur seleksi ini maka mereka bisa berpeluang untuk berkuliah di PTN," ungkapnya di Gedung Dikti, Jakarta, Jumat (13/1/2017).

Selain SNMPTN dan SBMPTN yang bisa dicoba, seleksi berikutnya yang bisa dicoba calon mahasiswa untuk mendaftarkan diri ke PTN yakni melalui Ujian Mandiri (UM).

"Jadi diselenggarakan tiga jalur penerimaan PTN bagi mahasiswa baru," imbuhnya.

Harry juga mengatakan bahwa dengan keberagaman yang ada saat ini, maka bisa menjadi cara untuk meningkatkan mutu serta kualitas perguruan tinggi negeri. "Suatu keberagaman itu mengandung kekuatan. Adanya kerjasama antara PTN yang sudah maju dengan yang belum," jelasnya.

Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) itu juga menjelaskan bahwa akan terus melakukan pengawasan terhadap tindak kecurangan pada pelaksanaan seleksi nasional tersebut.

"Kami akan terus melakukan pengawasan, sehingga bisa menghindari tindak kecurangan seperti perjokian agar tidak terjadi," tambahnya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x