Pemkab Biak Siapkan Insentif Guru PAUD Sebesar Rp1 Juta

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

BIAK - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan insentif sebesar Rp1 juta per bulan untuk guru pada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) di daerah itu.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Ruth Naomi Rumkabu SPd di Biak, Jumat (13/1/2017), mengakui kebijakan Bupati Biak Numfor Thomas Ondy memberikan insentif bagi guru PAUD merupakan pertama kali dilakukan di era kepemimpinannya sebagai wujud nyata meningkatkan kesejahteraan tenaga pengajar.

"Himpaudi berterima kasih dengan kepedulian pemkab dan Bupati Thomas Ony dalam memperhatikan nasib tenaga guru PAUD, ya selama ini para guru PAUD lebih dominan bekerja secara sosial demi mendidik anak-anak usia dini," kata Ruth Rumkabu.

Ia menyebutkan hingga tahun pelajaran 2016/2017 jumlah lembaga PAUD yang beroperasi di Kabupaten Biak Numfor mencapai 200-an tersebar di sejumlah distrik dan kampung/desa.

Sedangkan untuk jumlah tenaga guru yang mengajar di lembaga PAUD di Kabupaten Biak Numfor, menurut Ruth Rumkabu, tenaga guru yang sudah masuk terdata mencapai 90-an guru.

"Sementara sisa jumlah tenaga guru PAUD lain hingga awal 2017 masih dalam pendataan organisasi Himpaudi, ya dukungan pemkab memberikan insentif menjadi pemacu semangat mengajar guru PAUD," harap Ketua Himpaudi Ruth Rumkabu.

Secara terpisah, Wakil Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengatakan pada tahun 2017 pemkab telah mengalokasikan dana untuk memberi insentif tenaga guru PAUD itu.

"Untuk rinciannya saya tidak hafal jumlahnya, ya tetapi pemberian ini karena kebijakan nyata Pemkab," ujar Herry Naap.

Pada Jumat ini, Sekretariat Himpaudi diresmikan Wakil Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap dan Bunda PAUD Ny Susan Ondy.

Berdasarkan data, pada 2017, terdapat 200-an lembaga PAUD di Kabupaten Biak Numfor, terbanyak di wilayah Distrik Biak Kota dan Distrik Samofa.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x