facebook pixel

Nissan Jajal Mobil Tanpa Sopir di Jalan Umum Inggris

Nissan uji coba mobil otonom di jalan umum Inggris pada Februari 2017 (Ilustrasi, Foto: Reuters)

Nissan uji coba mobil otonom di jalan umum Inggris pada Februari 2017 (Ilustrasi, Foto: Reuters)

LONDON - Nissan akan menguji coba mobil tanpa sopir atau berteknologi otonom di jalan umum di London, Inggris. Ini merupakan uji coba pertama kali mobil otonom Nissan di jalan umum di Eropa.

Pemerintah Inggris memang membuka pintu seluas-luasnya bagi produsen mobil global untuk menguji coba produk otonom mereka. Mobil otonom akan menjadi tren di masa depan dan mampu menggairahkan sektor industri teknologi. Tak hanya itu, Inggris juga berambisi menjadi negara perintis penggunaan mobil yang bisa melaju sendiri ke tujuan ini.

Nissan Motor menyediakan mobil compact bertenaga listrik, Leaf, yang sudah dimodifikasi dan dipasangi teknologi otonom. Pengujian akan dilakukan mulai Februari 2017 di London.

"Model-model kendaraan masa depan penuh inovasi sedang dikembangkan di Inggris, kami juga menatap ke depan untuk memperkuat produk dari sisi desain, rekayasa, serta memproduksinya di sini untuk konsumen di seluruh dunia," ungkap kepala Nissan Eropa Paul Willcox, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (14/1/2017).

Pada Oktober 2016, Nissan menyatakan akan menambah produksi kendaraan di Inggris sebagai upaya untuk memperkuat daya saing bersamaan dengan keluarnya negara itu dari Uni Eropa.

Uji coba mobil otonom kini gencar dilakukan produsen automotif global. Tahun ini Volvo juga menyediakan 100 unit SUV XC90 bertekologi otonom untuk digunakan 100 keluarga di Swedia. Divisi dari Google yang menangani mobil otonom, Waymo, juga akan menguji mobil MPV Chrysler Pacifica di Amerika Serikat.

(ton)
​