facebook pixel

Menerka Kehebatan 'The Beast', Mobil Dinas Donald Trump

Mobil dinas kepresidenan AS diuji coba (Autoblog)

Mobil dinas kepresidenan AS diuji coba (Autoblog)

WASHINGTON - Donald Trump disebut-sebut akan menggunakan mobil kepresidenan terbaru, Cadillac Presidential Limousine, setelah dilantik pada 20 Januari 2017. Mobil kepresidenan yang biasa disebut "The Beast 2.0" itu akan menggantikan kendaraan sebelumnya yang sudah digunakan Barack Obama sejak menjabat pada 2009.

Cadillac maupun General Motors sebagai induk perusahaan itu tidak memberikan pernyataan mengenai kendaraan kepresidenan dengan alasan keamanan.

Namun berdasarkan foto yang beredar, The Beast 2.0 tampak mirip seperti SUV Esclade atau sedan CT6. Namun panjang dan lebarnya dibuat sama dengan ukuran mobil yang digunakan Obama.

Sama dengan mobil dinas kepresidenan AS sebelumnya, mobil dinas baru Trump disebut-sebut bisa menampung tujuh penumpang yang konfigurasinya seperti meja konferensi atau saling berhadapan. Di dalamnya juga ada beberapa layar yang bisa digunakan presiden untuk video conference.

The Beast sebenarnya didesain bukan untuk perjalanan jauh, melainkan sekadar mengantar presiden dari satu titik ke titik lain yang jaraknya dekat, seperti dari Gedung Putih ke Air Force One atau sekadar berjalan-jalan di sekitar Washington.

Soal fitur keamanan, memang tidak ada yang bisa memastikannya secara detail. Namun, kemungkinan akan ada penggunaan teknologi pengamanan baru dibandingkan mobil yang digunakan Obama. Beberapa kemampuan dan kecanggihan mobil dinas Obama sendiri sudah banyak dirilis.

Dinas Rahasia dilaporkan sudah meminta mobil kepresidenan baru sejak 2014 yang sudah mengaplikasikan teknologi terbaru. Hal ini karena tantangan akan pengamanan presiden semakin lama semakin tinggi.

Namun jika berpatokan pada mobil dinas yang digunakan Obama, The Beast dilengkapi pelat setebal 8 inci yang menutupi sekujur bodi dan pintu. Pelat itu sanggup menahan tembakan dan bom serta api. Ada pula oksigen di dalam mobil yang menyuplai udara ke kabin jika ada serangan senjata kimia.

Selain itu tangki bahan bakar dibuat dari bahan khusus sehingga tidak akan membuat mobil meledak jika diserang atau mengalami kecelakaan.

(ton)
​