facebook pixel

TOP AUTOS OF THE WEEK: Mobil-Mobil Baru Lahir di Detroit

Subaru WRX STI debut di Detroit Auto Show 2017 (Foto: Reuters)

Subaru WRX STI debut di Detroit Auto Show 2017 (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pameran automotif North American International Auto Show (NAIAS) 2017 atau biasa dikenal dengan Detroit Auto Show menjadi lokasi bagi pabrikan mobil global untuk memperkenalkan produk mereka.

Mobil-mobil yang dirilis sudah mendekati model produksi sehingga akan dipasarkan dalam waktu dekat.

Produsen automotif Korea Selatan Kia meluncurkan mobil baru Stinger. Mobil ini merupakan versi produksi dari mobil konsep Kia GT yang pertama kali diperkenalkan di ajang Frankfurt Motor Show 2011.

Kia Stinger merupakan sedan pertama Kia yang ditawarkan dalam dua sistem penggerak, yakni roda belakang dan seluruh roda. Mobil ini juga menggunakan teknologi mechanical limited slip differential serta Dynamic Torque Vectoring Control system.

Jantung penggerak standar mobil berasal dari mesin empat silinder dengan kapasitas 2 liter turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga 255 hp dengan torsi maksimum 352 nm. Tenaga disalurkan ke roda melalui sistem transmisi otomatis delapan percepatan. Dilihat dari kemampuannya, mobil ini bakal bersaing dengan Toyota 86 dan Mazda MX-5.

Selain itu, Subaru juga membawa produk andalan yakni sedan sport WRX dan WRX STI model 2018.

Subaru WRX dan WRX STI tersebut tampil lebih gahar dari model yang dijual saat ini. Keduanya mengalami beberapa perubahan pada bagian eksterior dan interiornya. Fasia depan terlihat berbeda dibandingkan model yang dipasarkan saat ini dengan penggunaan bumper dan grille baru serta tambahan foglamp. Begitu juga dengan model WRX STI yang memakai bumper dengan desain tajam lengkap dengan ventilasi udara besar dan grille baru.

Dari samping terlihat pelek yang berbeda antara sedan sport WRX dan WRX STI. Sementara di belakang, tipe WRX hanya menggunakan ducktail sebagai pemanis tampilan, sementara WRX STI menggunakan sayap besar dengan desain khas Subaru.

Mercedes Benz meluncurkan generasi terbaru GLA, yakni 220 (standar) dan 45 AMG. Tak banyak perubahan yang dilakukan pabrikan Jerman tersebut pada GLA terbaru. Mobil terlihat lebih gahar dengan grille baru, lampu yang diberi kombinasi hitam, serta foglamp baru. Di belakang, terdapat bumper baru, double muffler di sisi kiri dan kanan, serta spoiler di atas pintu bagasi.

Kabin crossover GLA 220 dilengkapi dengan layar berukuran 8 inci yang terhubung dengan kamera luar sehingga memungkinkan pengemudi melihat kondisi di sekitar dari kabin.

(ton)
1 / 2
​