facebook pixel

Honda Belum Tergoda Bikin Mobil Pesaing Calya & Sigra

HPM belum tertarik bikin MPV LCG, dan hanya menawarkan model hatchback Brio Satya (Foto: dok.Okezone)

HPM belum tertarik bikin MPV LCG, dan hanya menawarkan model hatchback Brio Satya (Foto: dok.Okezone)

JAKARTA - Berbeda dengan para kompetitornya, PT Honda Prospect Motor (HPM) saat ini hanya menawarkan model low cost green car (LCGC) hatchback, Brio Satya. Agen pemegang merek (APM) mobil Honda tersebut belum berencana menghadirkan low multi purpose vehicle (MPV) LCGC.

"Seven seater-nya Mobilio. Realitasnya LCGC itu Brio. Saya tidak bilang enggak akan bikin LCGC MPV, tapi memang saat ini seperti itu," ujar Jonfis Fandy, marketing and aftersales service director PT HPM, beberapa waktu lalu.

Menurut dia, ada perbedaan karakter konsumen pembeli mobil Honda dengan merek lainnya. Mobil LCGC dan LMPV Honda bisa berjalan tanpa saling memakan satu dengan yang lainnya.

"Kelihatannya LCGC memakan LMPV itu sendiri, sedangkan di Honda itu tidak terjadi, masih tetap naik. Di sini saya lihat ada perbedaan market dengan Toyota atau Daihatsu. Semuanya tetap naik," tambah dia.

Diketahui saat ini beberapa APM pesaing HPM, seperti PT Toyota Astra Motor (TAM), PT Astra Daihatsu Motor (ADM), serta PT Nissan Motor Indonesia (NMI) tak hanya menawarkan LCGC hatchback, tetapi juga MPV.

NMI menjadi yang pertama menjual LMPV LCGC Datsun GO+ Panca. Sementara TAM dan ADM baru pada Agustus 2016 meluncurkan produk Calya dan sigra.

(ton)
​