Soal Matematika Bermuatan Dewasa, Sekolah di AS Dikecam

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PENNSYLVANIA – Sebuah sekolah menengah di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS), meminta maaf secara terbuka setelah menyertakan materi mengenai pelecehan seksual terhadap perempuan yang dilakukan oleh keluarga dalam soal pekerjaan rumah (PR) untuk mata pelajaran matematika. Tak pelak, soal tersebut memunculkan kecaman dari para orangtua murid.

“Angelou mengalami pelecehan seksual oleh ……. Ibunya pada usia delapan tahun, yang mana menentukan pilihan karier dan motivasi untuk menulis,” bunyi soal tersebut, mengutip dari BBC, Sabtu (14/1/2017). Soal nyeleneh tersebut terdapat dalam bidang studi aljabar untuk memprediksi kemungkinan pelaku pelecehan seksual.

(Soal bermasalah tersebut. Foto: Pennridgereform/Twitter)

Para orangtua yang mengetahui soal tersebut tentu saja langsung mengeluh kepada pejabat di Penridge High School. Pertanyaan nyeleneh lainnya jgta termuat dalam PR yang sama. Siswa diminta membantu seorang ibu tunggal menentukan pilihan karier bagi putranya. Pilihan yang tersedia adalah menjadi seorang gigolo, penjudi, penjual narkoba, atau penari di kelab malam.

Pennridge High School mengaku telah menerima sejumlah keluhan dari orangtua mengenai soal dalam PR tersebut. Para orangtua mengeluhkan adanya materi dewasa dalam soal tersebut yang tidak sesuai dengan konteks pelajaran.

“Pertanyaan dalam lembar soal PR tersebut diunduh dari sebuah situs yang memperkenankan guru-guru di seluruh dunia saling berbagi materi pelajaran. Itu tidak sesuai dengan kurikulum yang kami sepakati,” bunyi pernyataan pihak Pennridge High School.

Keluhan juga datang dari seorang pengguna Twitter di akun @stephariffic. Ia mengaku sangat marah dengan soal tersebut. Pihak sekolah juga seharusnya marah. Pengguna lainnya mempertanyakan bagaimana dirinya bisa percaya kepada para guru untuk mengajari anak-anak jika soal semacam itu diizinkan oleh pihak sekolah.

(war)
Live Streaming
Logo
breaking news x