Perguruan Tinggi Otonom Harus Ubah Mindset Tata Kelola Keuangan

Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di Tanah Air telah berstatus badan hukum (PTN-BH). Artinya, kampus-kampus tersebut memiliki otonomi dalam hal tata kelola.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Padjadjaran (Unpad), Rudiantara, mengatakan bahwa Unpad bukan sekadar berganti status menjadi PTN-BH. Lebih dari itu, Unpad perlu melakukan perubahan mindset dalam mengelola universitas, yakni dari level jajaran pimpinan universitas, MWA, senat akademik, dosen, hingga mahasiswa.

"Di bidang pengelolaan keuangan, misalnya tidak lagi berbicara dari perspektif akuntan, tetapi mulai melangkah pada perspektif korporasi," ujarnya dinukil dari laman Unpad, Sabtu (14/1/2017).

Untuk itu, lanjut dia, Unpad harus mampu memanfaatkan dengan baik berbagai aset dan sumber daya untuk menghasilkan kemaslahatan kepada para civitas akademika. Menurut pria yang juga menjabat sebagai Menkominfo itu, maslahat sendiri bisa terjadi jika kampus mampu memberikan nilai tambah di setiap aktivitas yang dilakukan.

Rektor Unpad, Prof Tri Hanggono Achmad, menjelaskan bahwa di tahap awal Unpad akan melakukan penyesuaian tata kelola, organisasi, dan mewujudkan reformasi birokrasi. Sedangkan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, mengatakan jika PTN-BH harus mampu mengkreasikan berbagai inovasi riset yang bisa dikorporasikan sebagai salah satu sumber pendapatan.

"Ini bisa men-generate revenue terhadap kebutuhan operasional universitas," tandas Nasir. (ira)

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x