Image

Pengelola Kebun Binatang Bandung Duga Beruang Makan Kotoran karena "Dipancing"

Sejumlah beruang di Kebun Binatan Bandung meminta makanan kepada pengunjung, Rabu (18/1/2017). Foto Foto Oris Riswan/Okezone

Sejumlah beruang di Kebun Binatan Bandung meminta makanan kepada pengunjung, Rabu (18/1/2017). Foto Foto Oris Riswan/Okezone

BANDUNG – Humas Kebun Binatang Bandung, Sudaryo, angkat bicara mengenai permasalahan beruang madu yang memakan feses atau kotoran sendiri seperti diungkapkan Yayasan Scorpion Indonesia. Ia menduga beruang itu sengaja “dipancing” agar memakan kotorannya sendiri.

"Saya kira itu tidak benar. Saya juga curiga ada orang-orang suruhan mereka kasih lempar makanan di situ, kebetulan ada kotorannya, lalu dipotret. Bisa juga orang suruhan LSM (Yayasan Scorpion Indonesia) ini. Saya menduga seperti itu," kata Sudaryo saat ditemui di lokasi, Rabu (18/1/2017).

Ia menuturkan, satwa tidak memiliki pikiran, termasuk beruang. Jadi ketika ada makanan di dekat kotorannya, bukan tidak mungkin ikut terambil kemudian dimakan.

 

Humas Kebun Binatang Bandung, Sudaryo memberikan keterangan soal beruang yang memakan kotorannya sendiri, Rabu (18/1/2017). Foto Oris Riswan

Sudaryo pun heran dengan sikap Yayasan Scorpion Indonesia. Apalagi mereka, menurutnya, tiba-tiba ingin memberikan pakan untuk beruang karena dianggap kelaparan. "Saya pertanyakan itu apa tujuannya? Saya juga tidak tahu," ucapnya.

Dirinya menjelaskan, pakan untuk beruang dan satwa lainnya di Kebun Binatang Bandung sudah diperhatikan dengan baik. Bahkan, lingkungan dan tempat bermain juga diperhatikan agar membuat satwa koleksi nyaman.

"Satwa itu harus sehat, harus cukup (asupan makanan dan segala kebutuhannya). Kita sudah berbuat seperti itu. Apalagi kita sudah berusia 86 tahun sejak didirikan, otomatis kewajiban memelihara makan dan kesehatan satwa diperhatikan," jelasnya.

(fzy)
Live Streaming
Logo
breaking news x