facebook pixel

Mobil Balap Tercepat Legendaris Dijual Seharga Rp66 Juta

Bombshell Betty (foto: Motor1)

Bombshell Betty (foto: Motor1)

CALIFORNIA - Sebuah mobil balap yang pernah menjadi ikon kecepatan di ajang Bonneville, baru-baru ini mejeng di situs iklan jual-beli ternama. Mobil ditawarkan dengan harga USD5 ribu atau setara Rp66 juta.

Mobil klasik bertampang sangar yang memiliki nama Bombshell Betty ini dibangun menggunakan basis kendaraan Buick. Sang modifikator, Jeff Brock, dikenal sebagai seniman patung dan fotografer. Oleh karena itu, beberapa bagian bodi kendaraan pun dirancang secara custom, namun tetap memberikan fungsi aerodinamika cukup tinggi. Demikian seperti dikutip dari Motor1, Jumat (20/1/2017)

Bahkan untuk mengurangi tekanan angin saat kecepatan tinggi, atap mobil dibuat lebih pendek dengan cara memotong pilar hingga 8 inci. Beberapa bagian lain menggunakan model kendaraan jenis lain, salah satunya as roda yang diambil dari model Chevy van.

Sektor pacu mobil klasik bertampang buas ini, dibekali dengan mesin milik Buick Roadmaster produksi 1950. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 340 tenaga kuda. Untuk mencapai tenaga tersebut, mesin mendapat beberapa sentuhan seperti upgrade intak manifold, carburator racing, serta ubahan pada transmisi T10 empat percepatan Borg Warner.

Di ajang balap, mobil ini telah menorehkan prestasi dan membawa pulang lima piala di Bonneville. Mobil balap ini juga memegang gelar sebagai yang tercepat 1952 Buick Super-Riviera di dunia.

(ton)
​