Image

Pemkab Purworejo Rehab Lima Pasar dengan Bujet Rp 5,9 Miliar

Ilustrasi (Foto: Okezone)

Ilustrasi (Foto: Okezone)

PURWOREJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo akan merehab lima pasar daerah di sejumlah kecamatan yang rusak sepanjang tahun 2017. Pemkab menerima gelontoran dana sedikitnya Rp 5,9 miliar dari APBN dan APBD kabupaten untuk perbaikan itu.

Pasar mendapat program perbaikan adalah Pasar Ngori Kecamatan Banyuurip, Seren Gebag, Banyuasin Loano, Jenar Wetan Purwodadi dan Gebang. "Kami mendapat bantuan DAK dan APBD kabupaten," ujar Dra Suhartini MM, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Dikoperindag) Kabupaten Purworejo kepada KRjogja.com, Jumat (20/1/2017).

Pasar Ngori mendapat DAK Rp 1,6 miliar, Pasar Seren DAK Rp 2,5 miliar, Banyuasin APBD Rp 500 juta, Gebang Rp 900 juta dan Jenar Wetan Rp 450 juta. Dana dialokasikan untuk rehab total dan melanjutkan perbaikan yang telah dianggarkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut dia, pemeliharaan pasar dianggarkan pemkab setiap tahun. Namun karena keterbatasan biaya, pemeliharaan dilakukan secara bertahap. "Harapan kami dengan alokasi anggaran 2017, kapasitas dan kualitas pasar semakin meningkat. Pasar semakin nyaman, perputaran uang dan retribusi daerah juga meningkat," ucapnya.

Dia menambahkan, pedagang tidak akan dikenakan biaya bangunan baru pascarehabilitasi pasar. Proses perbaikan diperkirakan mulai pertengahan tahun. "Sedang proses administrasi menjelang lelang elektronik," ujarnya.

(ran)
Live Streaming
Logo
breaking news x