Sejumlah Rumah dan Masjid di Asrama TNI Ludes Terbakar

JAYAPURA – Tiga unit rumah di asrama TNI Kodam XVII Cenderawasih di Kotaraja Abepura siang ini ludes terbakar.

Bahkan, api cepat membesar dan merembet ke Bangunan Masjid Fajrul Islam yang berada di sebelahnya. Delapan unit mobil pemadam kebakaran yang terdiri dari mobil water canon milik Brimob Polda Papua dan lima unit mobil pemadam kebakaran milik Dinas Kebakaran Kota Jayapura di turunkan untuk memadamkan api.

Dedi, salah satu jemaah masjid Fajrul Islam dikonfirmasi mengatakan, jika dirinya setelah melakukan salat dhuhur dan mencium bau gosong.

“Setelah saya salat dan sementara dzikir, saya mencium bau gosong, seperti nasi yang gosong, namun saat itu saya tidak befikir apa-apa, sampai kemudian, warga berteriak kebakaran, baru semua jemaah masjid keluar dan melihat api yang sudah mengepul,” ucapnya kepada Okezone, Selasa (24/1/2017).

Dikatakan Dedi, saat kejadian api belum sampai menyambar gedung di kompleks masjid. Namun karena api yang cepat membesar karena tiupan aingin, membuat api dengan mudah menyebar dan membakar bangunan yang ada di kompleks masjid.

“Api sangat cepat menyebar angin sangat kencang, padahal saat itu belum sampai di bangunan masjid,” katanya.

Sementara Ani, warga lain yang juga merupakan penghuni asrama TNI yang turut ludes dalam peristiwa tersebut, mengaku sangat kaget. Pasalnya saat kejadian, dirinya tidak ada dirumah. Terlebih lagi, ibu dan anaknya ada didalam rumah.

“Saya tidak tahu pasti kapan kebakarannya, karena saya tidak dirumah, hanya ibu dan anak saya yang ada dirumah. Ibu saya sangat syok, karena sempat tidak bisa membuka pintu,” papar Ani.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran tersebut. Sementara kerugian di taksir mencapai ratusan juta rupiah. Selain tiga  unit rumah asrama, sebuah motor merek Honda Vario juga terbakar. Sementara bangunan masjid yang terbakar meliputi, ruang imam, ruang mengaji, dan perpustakaan. (sym)

(erh)
Live Streaming
Logo
breaking news x