facebook pixel

Dijual Cuma Rp157 M, Merek Mobil Lawas India 'Ambassador' Kini Milik Peugeot

Mobil Ambassador masih berkeliaran di jalan India (Foto: AFP)

Mobil Ambassador masih berkeliaran di jalan India (Foto: AFP)

NEW DELHI - Jika menonton film India lawas pasti akrab dengan mobil Ambassador. Sayang, produsen mobil tersebut, Hindustan Motor, bangkrut.

Kesulitan keuangan yang dihadapi perusahaan automotif tertua di India itu memaksa pemiliknya, CK Birla Group, untuk menjual Amabassador ke perusahaan automotif Prancis, Peugeot.

Merek tersebut dijual dengan harga yang terbilang murah yakni 800 juta rupee atau sekira Rp157 miliar. Hindustan Motors menghentikan produksi Ambassador pada 2014 karena menurunnya permintaan.

"Kami telah menjual dengan harga 800 juta rupee. Kami telah menghentikan produksi di pabrik sejak tiga tahun lalu. Sejak itu pabrik sudah ditutup," demikian pernyataan Hindustan Motors, seperti dikutip dari AFP.

Ambassador sudah bertahun-tahun digunakan oleh para pejabat dan tokoh di India. Mobil ini sangat dikenal dengan desainnya yang klasik. Namun sayang, Ambassador tidak bisa bersaing dengan kendaraan merek luar yang perlahan mulai namun pasti digemari masyarakat di sana.

Namun sampai saat ini Ambassador masih digunakan sebagai taksi untuk mengantar turis yang ingin bernostalgia. Ada pula politikus yang juga masih menggunakannya.

Rupanya kerja sama Peugeot dengan CK Birla Group tak sebatas pada penjualan merek Ambassador. Bulan lalu, Birla dan Peugeot menandatangani kerja sama untuk mendirikan dua perusahaan patungan. Selain itu keduanya akan membangun pabrik dengan kapasitas produksi 100 ribu unit per tahun dan akan mulai beroperasi penuh pada 2020.

Namun PSA Group, selaku pemilik merek Peugeot dan Citroen, belum menentukan model kendaraan apa yang akan diproduksi di India.

(ton)
  • techno user Zanna
    Zanna • 7 hari lalu
    Jadi keingat dulu ada iklan Peugot 206 di India yang ceritanya orang ngerubah mobil ikonik India tsb jadi 206. Kebetulan?
    Beri Tanggapan