facebook pixel

Mobil Jadi 'Ruang Rapat', Kenapa Tidak?

Gambar paten fitur rapat dari mobil yang diajukan Ford Motor (US Publication Application)

Gambar paten fitur rapat dari mobil yang diajukan Ford Motor (US Publication Application)

DETROIT - Ketiduran atau terjebak macet di jalan, dua peristiwa itu menjadi penyebab utama seseorang telat sampai kantor. Hal ini tentu akan sangat mengganggu apalagi bila ada rapat penting. Namun sebentar lagi bakal ada solusinya.

Ford Motor akan menghadirkan suasana rapat di dalam mobil. Ya, pengguna kendaraan bisa terhubung langsung secara visual dengan ruang rapat di kantor atau di mana saja dengan perangkat infotainment di mobil.

Dilaporkan Autoblog, Ford baru-baru ini menerima pengesahan paten tersebut dari otoritas di Amerika Serikat. Dalam dokumen paten disebutkan, sangat mungkin bagi sistem infotainment pada mobil untuk terhubung secara otomatis atau melakukan teleconference secara langsung dengan peserta rapat lainnya.

Caranya sederhana, pemilik kendaraan tinggal men-setting tanggal rapat serta jamnya lalu dikoneksikan ke sistem pada mobil. Data agenda yang tersimpan di mobil akan memberikan peringatan kepada pemilik kendaraan jika waktu rapat sudah dekat. Lalu fitur infotainment akan menyajikan gambar dan suara suasana rapat sehingga pemilik kendaraan bisa terhubung secara realtime.

Sistem yang sudah di-setting juga tidak akan meleset, sehingga pemilik mobil tidak akan terlewatkan rapat.

Namun fitur ini dikhawatirkan akan membuat pemilik mobil teralihkan perhatiannya saat mengemudi. Meski fitur ini bekerja secara otomatis dan tidak perlu pengoperasian menggunakan tangan, namun ketika pikiran pemilik mobil sudah ke rapat, dikhawatirkan akan mengurangi konsentrasinya dalam mengemudi. Apalagi, dia harus mengingat materi rapat.

(ton)
​