facebook pixel

Cara Punya Mobil dalam Waktu Enam Bulan

Ilustrasi memiliki mobil (Foto: AutoLoansGuide)

Ilustrasi memiliki mobil (Foto: AutoLoansGuide)

JAKARTA - Bagi sebagian orang, memiliki mobil menjadi kebutuhan utama. Dengan mengendari mobil untuk aktivitas sehari-hari, mereka percaya akan lebih hemat dan efisien ketimbang menggunakan angkutan umum.

Meski demikian, harga mobil yang mahal membuat pelanggan selalu menunda untuk membelinya dengan alasan uangnya tidak cukup.

Namun saat ini, sudah banyak mobil-mobil berjenis city car dengan harga terjangkau. Dengan begitu, keinginan membeli mobil bukan hal yang mustahil, bahkan bisa dilaksanakan hanya dalam waktu enam bulan. Berikut ini penjelasannya sebagaimana dilansir Cekaja, Selasa (14/2/2017):

Jangan takut kredit mobil

Untuk bisa punya mobil dalam waktu enam bulan, dibutuhkan keberanian untuk kredit mobil. Kredit mobil memang menjadi alternatif bagi orang yang belum punya cukup uang. Sebelum memutuskan mengambil kredit, Anda perlu menghitung terlebih dahulu besaran penghasilan dalam sebulan dikurangi kebutuhan sehari-hari, membayar asuransi, menabung, dan investasi.

Idealnya, besar cicilan mobil tidak melebihi 30% penghasilan. Kalau Anda masih punya cicilan rumah, besaran cicilan rumah ditambah cicilan mobil tetap tidak boleh melebihi 30% penghasilan.

Kalau bisa mulai dari mobil bekas, kenapa harus beli baru

Kabar baiknya, kredit mobil tidak hanya berlaku untuk membeli mobil baru, tetapi juga untuk mobil bekas. Umumnya, mobil bekas harganya jauh lebih murah dibanding baru.

Sebelum memutuskan membeli mobil bekas, pastikan surat-surat mobil lengkap dan tidak menunggak pajak.

Cari yang syaratnya mudah

Semua orang tentu ingin cara yang mudah atau tidak berbelit-belit. Oleh karena itu, Anda perlu mencari bank atau perusahaan pembiayaan yang menawarkan kemudahan syarat, fleksibel, uang muka ringan, dan jangka waktu kredit yang dapat disesuaikan dengan kemampuan.

Minimal tabung Rp2 juta per bulan

Jika harga mobil yang ingin dibeli adalah Rp60 juta. Penghasilan Anda per bulan Rp6 juta dan tenor yang diambil adalah empat tahun. Agar mendapat cicilan ringan, minimal Anda harus menabung Rp2 juta dalam enam bulan untuk membayar down payment (DP) sehingga terkumpul Rp12 juta.

Sisanya Rp48 juta inilah yang dikreditkan. Dengan bunga 6,65%, cicilan yang harus dibayarkan adalah Rp1,266 juta per bulan. Terbilang masih ringan karena ini kurang dari 30% penghasilan. Kalau ingin cicilan yang lebih ringan, uang yang ditabungkan untuk membayar DP harus makin banyak. (san)

(ton)
​