facebook pixel

Kesulitan Keuangan, Museum Mobil Jual Supercar Klasik Seharga Rp452 Miliar

Dino Line 206 (Foto: Carscoops)

Dino Line 206 (Foto: Carscoops)

PARIS - Sebuah museum mobil klasik di Paris, Automobile Club de l'Ouest, dikabarkan tengah mengalami masalah keuangan untuk terus menjalankan operasionalnya. Akibat masalah ini, museum tersebut akhirnya memutuskan menjual salah satu koleksi paling berharganya yakni Dino line 206.

Nama mobil Dino Line yang akan dijual oleh museum ini bisa dikatakan asing. Namun dari sejarahnya, supercar ini merupakan kendaraan yang awalnya diproduksi sebagai anak perusahaan Ferrari yang didirikan langsung oleh Enzo Ferrari.

Dino Line merupakan kendaraan prototipe yang belum sempat diproduksi massal. Kendaraan ini dipersiapkan sebagai supercar di bawah Ferrari dengan mengusung mesin menengah, berkonfigurasi V6 dan V8. Sedangkan Ferrari di masa 60-an, sudah menggunakan mesin V12. Demikian seperti dikutip dari Carscoops, Selasa (14/2/2017). 

Nama Dino Line sendiri berasal dari nama anak Enzo Ferrari yang telah wafat di usia 24 tahun. Desainnya sendiri dirancang oleh Battista "Pinin" Farina sebelum wafat pada 1966.

Selain Dino Line, beberapa model kendaraan klasik seperti Ferrari 166 Spyder Corsa, Lamborghini Miura SV, dan Bugatti Type 57 Atalante, Porsche 959 rencananya juga akan ikut ditawarkan. Khusus untuk Dino Line 206, harga yang akan ditawarkan mencapai USD34 juta setara dengan Rp452 miliar.

(ton)