Image

Tingkatkan Minat Baca, Perpustakaan Keliling Datangi Kawasan Pesisir

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

KALTENG - Berawal dari keinginan untuk memajukan Kawasan Kalimantan Tengah agar generasi penerus bangsa peduli akan membaca, Direktorat Polisi Air Kalimantan Tengah terus meningkatkan program membaca bagi para pelajar khususnya mereka yang ada di bagian pesisir dengan kawasan yang sulit terjangkau.

Dir Polair Polda Kalteng KBP Badarudin mengatakan pengadaan perpustakaan keliling oleh Ditpolair Kalteng ini merupakan program yang telah dilakukan sejak 2015 dan terus dilakukan peningkatan dengan hasil maksimal di 2017 ini.

"Kami meningkatkan program perpustakaan keliling ini dengan ratusan buku dan 20 sekolah telah kami datangi," ungkap Badarudin kepada Okezone, baru-baru ini.

Menurutnya, untuk perpustakaan keliling dengan sasaran kawasan pesisir Kalteng, pihaknya menyambangi ratusan murid dengan kapal milik Ditpolair Kalteng.

"Prasarana yang kami berdayakan yaitu alat apung 6 kapal T2 dan 17 kapal T3 yang digunakan untuk perpustakaan keliling di kawasan aliran sungai dan pesisir pantai di Kalteng," jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa buku bacaan yang ada di perpustakaan keliling ini adalah hasil sumbangan dari anak-anak para anggota Ditpolair yang sudah tidak dipergunakan lagi oleh mereka sehingga mereka sumbangkan untuk perpustakaan keliling tersebut.

"Sebagian memang hasil dari sumbangan anak-anak Ditpolair dan Polda yang sudah tidak lagi mereka baca, juga sumbangan dari ibu-ibu Bhayangkari, stakeholder dan masyarakat umum," paparnya.

Ia menambahkan, perpustakaan keliling Ditpolair Kalteng ini juga akan terus keliling ke daerah yang sulit terjangkau di sepanjang kawasan Kalteng agar masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan fasilitas membaca buku secara gratis.

"Buku bacaan ini untuk dibaca secara gratis tidak saja untuk kalangan pelajar tetapi semua masyarakat Kalteng agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari membaca buku-buku yang telah tersedia," pungkasnya.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x