Yuk, Cari Tahu Fakta dan Mitos Seputar Kuliah Online

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

JAKARTA - Kuliah online menjadi tren seiring dengan kemajuan teknologi. Meski begitu, belum semua orang percaya terhadap hasil dan kualitas dari kuliah online.

Nah, supaya kamu lebih paham terhadap sistem kuliah online, berikut beberapa fakta dan mitos yang perlu kamu ketahui, dilansir dari US News, Kamis (16/2/2017).

Kualitas pengajaran rendah

Mitos yang melekat pada kuliah online, yakni kualitas pengajaran yang rendah dibandingkan tatap muka di kelas. Faktanya, Konsultan dari Berkeley justru berpendapat bahwa di beberapa kasus pembelajaran melalui kuliah online lebih baik, dan setara dengan kuliah biasa.

Perusahaan tidak menerima gelar dari kuliah online

Pada awalnya perusahaan memang kurang tertarik dengan lulusan hasil dari kuliah online. Namun, kini hal tersebut sudah tidak berlaku. Mereka menerima, dengan beberapa pertimbangan, yakni melihat kemampuan kerja tim dan akreditasi program online itu sendiri.

Kuliah online rawan nyontek

Di kelas saja mahasiswa rawan nyontek, apalagi di online. Anggapan tersebut sering ditujukan kepada mahasiswa kuliah online. Untuk itu, saat ini instruktur kuliah online memiliki software untuk mendeteksi plagiarisme. Berbagi cara juga dilakukan untuk memverifikasi hasil kerja mahasiswa.

Biaya kuliah online lebih murah

Banyak yang menyangka bahwa kuliah online jauh lebih murah lantaran mahasiswa tidak perlu membayar biaya bangunan atau biaya kampus lainnya. Kenyataannya, hal tersebut tidak selalu benar. Sebab, instansi yang bersangkutan juga membutuhkan biaya besar untuk mengembangkan layanan kuliah online.

Kuliah online lebih mudah ketimbang kuliah pada umumnya

Mitos ini sama sekali tidak benar. Kuliah online sama sulitnya dengan kuliah biasa karena diadakan oleh institusi yang kredibel dan bereputasi. Beda dari kuliah online adalah mahasiswa perlu lebih inisiatif untuk belajar mandiri.

Akredirtasi kuliah online diragukan

Saat ini banyak kuliah online yang sudah terakreditasi. Pakar pendidikan mengatakan, akreditasi sebuah program kuliah online akan didapatkan jika kampus memenuhi standar dan tidak menerima transfer kredit secara cuma-cuma dari institusi lain. Untuk itu, sebelum memutuskan kuliah online, cek dulu reputasi dan akreditasi kampus tersebut.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x