facebook pixel

Recall 6.000 Mobil, Lamborghini: Ada 7 Kasus Kebakaran di Berbagai Negara

Lamborghini Aventador (Autoblog)

Lamborghini Aventador (Autoblog)

LONDON - Produsen supercar asal Italia, Lamborghini, me-recall hampir 6.000 unit model Aventador dan Veneno karena bisa berpotensi terbakar saat digunakan. (Baca: Wah, Lamborghini Recall 6.000 Mobil karena Berpotensi Terbakar)

Dalam pernyataannya yang dikutip CNN Money, Rabu 15 Februari 2017, pihak Lamborghini menyatakan sudah menerima laporan tujuh kasus kebakaran di berbagai negara. Namun tidak disebutkan secara detail kasusnya serta di negara mana saja kejadian tersebut.

Juru bicara Lamborghini meminta kepada para pemilik mobil yang terdampak recall agar segera mendatangi diler-diler untuk dilakukan perbaikan. Perbaikan akan memakan waktu satu atau dua hari per unit. Saat ini Lamborghini memiliki 135 diler di seluruh dunia. 

Recall disebabkan potensi kebocoran bahan bakar yang bisa masuk ke knalpot. Kasus ini umumnya terjadi jika tangki mobil diisi bahan bakar penuh.

"Dalam kondisi tertentu, seperti jika bahan bakar penuh, bensin mungkin akan masuk ke knalpot. Hal ini meningkatkan risiko kebakaran," demikian pernyataan Badan Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Jalan Amerika Serikat (NHTSA).

Model terbanyak yang di-recall adalah Aventador yakni sebanyak 5.900 unit dan Veneno 12 unit. Veneno merupakan salah satu mobil termahal di dunia dengan banderol mencapai USD4,5 juta atau sekira Rp60 miliar, sedangkan Aventador dipasarkan dengan harga mulai USD400 ribu atau sekira Rp5,3 miliar.

(ton)