facebook pixel

Dioperasikan di Dubai pada Juli, Begini Taksi Terbang Beroperasi

Taksi terbang Ehang 184 beroperasi pada Juli 2017 di Dubai (Ehang)

Taksi terbang Ehang 184 beroperasi pada Juli 2017 di Dubai (Ehang)

DUBAI - Taksi terbang Ehang 184 akan mulai beroperasi melayani konsumen di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Juli 2017 bersamaan dengan acara World Goverment Summit. (Baca: Wow, Taksi Terbang Segera Beroperasi di Dubai)

Badan Transportasi dan Jalan Dubai mendatangkan kendaraan canggih antimacet ini untuk memeriahkan event intenasional tersebut.

Pendiri Ehang, George Yan, mengklaim taksi terbang berwujud seperti drone ini aman digunakan. Seluruh rute taksi terbang Ehang 184 terpantau dari pusat kontrol di darat.

Penumpang tidak bisa mengambil alih rute perjalanan, karena kendaraaan ini hanya akan melaju sesuai tujuan yang sudah ditentukan sebelum keberangkatan. Selain itu, di kabih Ehang 184 juga tidak ada setir atau tuas kemudi, melainkan hanya satu tempat duduk, layar sentuh, dan tempat untuk menaruh gelas atau botol minuman.

"Saya kira di dalam diri kita ada sifat anak-anak yang mengatakan, 'Saya ingin terbang'. Kami membuat impian itu menjadi nyata," kata Yan dikutip dari Daily Mail

Ia menambahkan, semua rute perjalanan sudah diatur secara rapi, sehingga tidak akan ada tabrakan antara satu taksi dengan lainnya. Selain itu, setiap taksi terbang sudah dirancang saling terkoneksi. Cara lepas landas maupun mendarat bisa dilakukan secara vetikal layaknya drone, sehingga tidak membutuhkan jalan atau landasan yang panjang.

"Dalam drone itu sendiri kami sudah membuat sistem back up. Jadi jika ada drone yang rusak maka unit lain akan menggantikan," ungkapnya.

Jika terjadi kondisi darurat, penumpang bisa menghentikan perjalanan dan Ehang 184 akan mengambang di udara untuk kemudian turun.

Jika tidak digunakan, Ehang 184 juga tidak akan memakan tempat karena arm baling-balingnya bisa dilipat.

Dalam kondisi baterai penuh, Ehang 184 bisa menjelajah sejauh 16 kilometer dengan kecepatan terbang sekira 96 kilometer per jam.

(ton)