Image

Putra Kim Jong-nam: "Paman Jong-un Diktator"

Kim Han-sol, putra Kim Jong-nam. (Foto: Youtube)

Kim Han-sol, putra Kim Jong-nam. (Foto: Youtube)

PARIS – Satu per satu rahasia dinasti Kim di Korea Utara terungkap melalui kematian mantan pewaris takhtanya. Kim Jong-nam meninggal diduga terbunuh di Malaysia ketika hendak berangkat ke Macau pada Senin 13 Februari 2017. Sosoknya dikenal sebagai kakak tiri Presiden Korea Utara saat ini, Kim Jong-un.

Diwartakan Channel News Asia, Kamis (16/2/2017), Jong-nam sejak kecil hidup dalam pengasingan karena kakeknya, Kim Il-sung tidak pernah merestui pernikahan kedua orangtuanya. Demikian juga keturunan dia selanjutnya.

Putranya, Kim Han-sol diketahui menetap dan berkuliah di Paris. Pada 2012, dia juga pernah tinggal di Bosnia. Dan pada saat itu, kehadirannya mengundang perhatian awak media. Tepat beberapa waktu setelah paman tirinya, Kim Jong-un naik ke tampuk kekuasaan menggantikan Kim Jong-il yang meninggal Desember 2011.

Dalam wawancara dengan surat kabar Bosnia, Han-sol mendeskripsikan pamannya itu sebagai seorang diktator. Sementara tentang ayahnya, dia berkata, “Ayah saya (Jong-nam) tidaklah tertarik pada dunia politik.”

Untuk itulah, Jong-nam tidak pernah meributkan haknya. Dengan mudah, dia melepas pencalonannya di Korea Utara dan membiarkan adik tirinya itu berkuasa.

(Sil)
Live Streaming
Logo
breaking news x