Rodrigo Duterte Dituduh Tidak Jujur Melaporkan Kekayaannya

Presiden Filipina Rodrigo Duterte (Foto: Erik De Castro/Reuters)

Presiden Filipina Rodrigo Duterte (Foto: Erik De Castro/Reuters)

MANILA – Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte diduga menyembunyikan uang senilai jutaan dolar Amerika Serikat (AS) di dalam rekeningnya. Dugaan tersebut dilancarkan oleh salah seorang pengkritiknya, Senator Antonio Trillanes.

Ia merilis sejumlah dokumen yang disebut sebagai riwayat transaksi rekening Presiden Duterte dari 2006-2015 dengan jumlah mencapai PHP2,4 miliar (setara Rp639 miliar) ke sejumlah rekening, termasuk istri sah Duterte, Honeylet Avancena.

Rekening-rekening tersebut tidak dilaporkan oleh Duterte saat mencalonkan diri sebagai Presiden Filipina pada Mei 2016. Beberapa rekening tersebut tercantum atas nama orang lain yang dekat dengannya, tetapi Trillanes yakin semua adalah rekening milik Rodrigo Duterte.

“Jika tuduhan saya ini terbukti salah, saya akan segera mengundurkan diri sebagai senator. Presiden sangat lantang dalam kampanye memberantas korupsi, tapi bagaimana kita bisa berharap dia memecahkan masalah tersebut ketika dirinya memiliki jumlah uang mencurigakan di dalam rekeningnya?” ucap Antonio Trillanes, seperti dimuat Reuters, Kamis (16/2/2017).

Mantan anggota Angkatan Laut Filipina berpangkat letnan itu pernah melancarkan tuduhan serupa pada 2016 karena mantan wali kota Davao City tersebut diduga merahasiakan rekening pribadinya. Penasihat Hukum Duterte, Salvador Panelo, menyebut tuduhan tersebut sebagai isu lain. Trilannes dianggapnya hanya ingin mencari publisitas.

Juru bicara Kepresidenan Filipina Ernesto Abella menuturkan, Rodrigo Duterte bisa saja merilis riwayat transaksi perbankan miliknya jika dibutuhkan. Akan tetapi, hal itu bukan untuk membuktikan tuduhan Senator Antonio Trillanes.

(war)
Live Streaming
Logo
breaking news x