KISAH: Helen Keller, Orang Pertama yang Bawa Anjing Jenis "Hachiko" ke AS

Helen Keller dan anjing peliharaannya. (Foto: Flickr)

Helen Keller dan anjing peliharaannya. (Foto: Flickr)

HACHIKO, anjing jantan jenis Akita kelahiran Odate, Prefektur Akita menjadi inspirasi sahabat terbaik manusia. Kesetiaannya kepada tuannya, Hidesaburo Ueno, hingga akhir hayatnya mengharukan dunia. Saking terkenalnya, kisahnya telah dijadikan film pada 2009 yang dibintangi oleh Richard Gere, berperan sebagai Ueno. Hachiko juga dibuatkan patung perunggu sebagai tugu peringatan terhadap baktinya.

Namun tahukah Anda bahwa orang pertama yang membawa anjing sejenis Hachiko ke Amerika Serikat adalah Helen Keller? Ya, ini adalah Helen Keller, perempuan tunanetra dan tunarungu paling menginspirasi dalam sejarah.

Perempuan kelahiran 27 Juni 1880 yang mengajarkan kepada dunia bahwa kekurangan bukan halangan untuk sukses. Semua bisa berkat kerja keras dan kegigihan. Demikianlah, ia belajar dari guru sekaligus sahabat terbaiknya, Anne Sullivan.

Helen Keller sejatinya terlahir normal. Sayang demam tinggi yang dideritanya membuat dia kehilangan pendengaran dan penglihatannya. Dia pun otomatis menjadi seorang bisu juga karena sejak kecil hidup dalam kesunyian.

Meski kehilangan tiga indera sekaligus, Keller menguasai lima bahasa berbeda. Bahkan dia berhasil meraih gelar sarjana dan menjadi pengacara paling terkenal pada zamannya. Khususnya, dia membela mereka yang membutuhkan dan berkebutuhan khusus. Motivator kelahiran Tuscumbia, Alabama, tersebut juga jadi pembicara dan pendukung hak perempuan tervokal kala itu.

Di sisi lain, Keller dikenal sebagai pencinta hewan. The Vintage News, Jumat (17/2/2017), menjelaskan, rasa suka Keller kepada hewan sebesar kecintaannya kepada manusia.

Hewan favoritnya adalah anjing. Ia tumbuh bersama mereka dan jatuh hati karena kegembiraan yang dibawa mamalia berkaki empat itu. Selain itu, anjing merupakan hewan paling setia, cerdas, dan senang bermain.

(Sil)
1 / 3
Live Streaming
Logo
breaking news x