Begini Nih Cara Kampus Jamin Lulusan Pendidikan Vokasi

Foto: Dok UGM

Foto: Dok UGM

JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ilmu Pengetahuan Belanda Jet Bussemaker bersama jajarannya melakukan kunjungan ke sejumlah kampus di Tanah Air. Salah satunya, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM).

Bussemaker menyebut, ingin mengetahui bidang-bidang yang menjadi perhatian UGM. Menurut dia, pihaknya tertarik untuk melakukan kolaborasi pada pendidikan vokasi yang menjadi salah satu perhatian penting di Kementerian Pendidikan Belanda.

"Kita tidak hanya memerlukan riset-riset fundamental, tapi juga orang-orang yang bisa menerapkannya. Karena itu, kita memerlukan lulusan vokasi yang berkualitas tinggi," tuturnya dinukil dari laman UGM, Kamis (16/2/2017).

Hal tersebut kemudian disambut baik oleh Rektor UGM Dwikorita Karnawati dan Dekan Sekolah Vokasi UGM Wikan Sakarinto. Pihak kampus kemudian menawarkan beberapa skema kerjasama, seperti program double degree serta sertifikasi bagi lulusan sekolah vokasi.

"Saat ini sedang dalam proses untuk membangun teaching industry yang mengintegrasikan antara pendidikan sarjana dan vokasi. Saya rasa ini sangat sesuai dengan apa yang menjadi perhatian kami," ucap Dwikorita.

Selain bidang vokasi, pada kesempatan tersebut Bussemaker juga mengundang UGM untuk dapat mengirimkan lebih banyak mahasiswa serta dosen untuk menempuh studi di Belanda. Kegiatan bisa berupa pertukaran mahasiswa dan dosen serta penelitian bersama.

"Bidang-bidang kerjasama yang dapat dilakukan, di antaranya bidang riset strategis seperti pertanian, kedokteran, kesehatan masyarakat, serta teknologi yang menjadi bidang keahlian dari perguruan tinggi di Belanda," imbuh Bussemaker.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x