Wow! Rumah Sakit Kampus Gunakan Telemedicine untuk Layani Pasien

Foto: Dok Unair

Foto: Dok Unair

JAKARTA - Ada yang berbeda dari pelayanan pasien di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA). Untuk memudahkan pelayanan rujukan pasien, pihak rumah sakit menggunakan aplikasi berbasis Android.

Teknologi yang diberi nama RSUA Telemedicine tersebut digunakan oleh para tenaga medis di bagian Instalasi Gawat Darurat (IGD) fasilitas kesehatan terkait. Caranya, setiap tenaga medis harus membuat akun dengan mendaftar ke pihak RS Unair.

Setelah mendaftar, tim IGD dari fasilitas kesehatan terkait bisa berkomunikasi dengan tim pengembang aplikasi RSUA Telemedicine. Adapun dalam proses komunikasi itu yang diberitahu adalah informasi mengenai kondisi lengkap pasien.

"RSUA Telemedicine kita gunakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya untuk sistem rujukan utama. Harapannya, kita dalam merujuk harus sudah mulai lengkap baik dari datanya, pemeriksaan fisiknya, diagnosis, dan terapinya. Kita bisa tambahkan foto, informasi lengkap baik terapi maupun diagnosa," tutur dokter bedah RSUA, Tedy Apriawan, dr, Sp.BS, dikutip dari laman Unair, Jumat (17/2/2017).

Tedy menejelaskan, setelah menerima data pasien, IGD akan berdiskusi, menentukan tindakan perawatan yang tepat untuk pasien, dan mempersiapkan peralatan medis penunjang. Tujuannya, agar pasien segera bisa ditangani.

"Misal, penderita tersebut adalah penderita multitrauma, dari kepala sampai kaki kena semua, saat mereka merujuk ke kita, kita sudah siap langsung bergerak sesuai dengan penyakit yang diderita pasien tersebut," paparnya.

Saat ini, aplikasi sudah diluncurkan dan mulai digunakan. Dalam waktu dekat, pihak rumah sakit akan melakukan sosialisasi terkait aplikasi RSUA Telemedicine. Ke depan tim juga akan mengembangkan aplikasi dengan teknologi yang lebih canggih, seperti panggilan video.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x