facebook pixel

Pasar Menurun, Mitsubishi Belum Berencana Hidupkan Sedan

Mitsubishi Lancer (Mitsubishi Motors )

Mitsubishi Lancer (Mitsubishi Motors )

BANDUNG - Di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, China, dan lainnya Mitsubishi Motors masih memasarkan sedan. Namun di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, sudah tidak lagi menjual sedan.

KTB sempat menjual sedan, tapi dihentikan karena permintaan terhadap mobil dengan buntut di belakangnya ini mengalami penurunan. Ke depannya bukan tidak mungkin KTB kembali menghidupkan sedan.

"Kalau lihat data penjualan, permintaan sedan turun. Turun itu mulai 2015 sudah terlihat. Mitsubishi terakhir memasarkan Lancer pada 2014 kalau tidak salah. Setelah itu berhenti karena permintaan selalu turun," ujar Imam Choeru Cahya, head of MMC sales and marketing group, KTB, di Bandung, kemarin.

Sampai saat ini beberapa agen pemegang merek (APM) di Indonesia masih ada yang memasarkan sedan. Beberapa di antaranya baru saja meluncur. Sebut saja Toyota dengan Camry, Corolla Altis, dan Vios. Lalu Honda City,dan Civic, Nissan dengan Teana, dan lainnya. Meski begitu KTB belum terpacu untuk mengikuti jejak APM lain.

"Belum ada pikiran lihat-lihat kondisi dulu. Kami masih fokus ke low MPV" terang Imam.

Lagi pula, lanjut dia, saat ini penurunan permintaan sedan bukan hanya di Indonesia namun hampir di seluruh dunia.

"Keliatannya semua ini lebih ke SUV karena tren SUV bukan hanya di Indonesia tapi dunia," pungkas dia. (san)

(ton)
​