Image

Bertemu di Jerman, Menlu Negara G20 Bahas Isu Perdamaian Dunia

Menlu Indonesia Retno LP Marsudi dan Menlu Jerman, Sigmar Gabriel. (Foto: Twitter/dok. Kemlu RI)

Menlu Indonesia Retno LP Marsudi dan Menlu Jerman, Sigmar Gabriel. (Foto: Twitter/dok. Kemlu RI)

BONN – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi terbang ke Jerman menghadiri Pertemuan Tinggi tingkat Menlu G20. Ia pun menyambut baik inisiatif Jerman menjadi tuan rumah pagelaran G20 2017 ini.

Dalam pertemuan bilateralnya dengan Menlu Jerman, Sigmar Gabriel di Bonn, Menlu Retno menyampaikan, “Fokus pembahasan Menlu G20 mengenai ‘Menjaga Perdamaian di Dunia yang Kompleks’ sudah tepat. Sesuai dengan kontribusi untuk menciptakan kondisi kondusif bagi pembangunan.” Demikian seperti dikutip Okezone dari siaran pers Kemlu RI pada Jumat (17/2/2017).

G20 sejatinya didirikan untuk membahas isu keuangan dan ekonomi global pasca krisis pada 2008. Namun kedua menlu sependapat bahwa Pertemuan Menlu G20 dapat berkontribusi dalam menciptakan kondisi kondusif bagi pembangunan ekonomi.

Selain itu, baik Retno maupun Gabriel menekankan pentingnya kerjasama internasional dan multilateral dalam menciptakan perdamaian, stabilitas dan kesejahteraan global. Pasalnya, mereka melihat belakangan semangat kerjasama multilateral terus berkurang. Negara-negara berupaya menyelematkan diri sendiri, dengan meningkatkan nasionalisme dan menerapkan kebijakan yang proteksionis. Pertemuan Menlu G20 diharapkan dapat mendorong kembali semangat kerjasama multilateral tersebut, khususnya demi mengatasi tantangan bersama.

“Berbagai tantangan global saat ini tidak akan dapat diatasi oleh negara secara individu, dan membutuhkan kerjasama internasional dan multilateral yang kuat,” ucap diplomat asal Semarang tersebut.

(Sil)
Live Streaming
Logo
breaking news x