Pembunuhan Kakak Tiri Kim Jong-un dan Keterlibatan Mafia Korut

Media Korsel menampilkan pemimpin Korut, Kim Jong-un dan kakak tirinya, Kim Jong-nam. (Foto: AP)

Media Korsel menampilkan pemimpin Korut, Kim Jong-un dan kakak tirinya, Kim Jong-nam. (Foto: AP)

SEOUL - Kakak tiri Kim Jong-un, Kim Jong-nam, tewas dibunuh di Kuala Lumpur, Malaysia. Dua perempuan ditahan karena diduga terkait kasus ini, salah satunya adalah warga negara Indonesia (WNI).

Kepolisian Malaysia pada Kamis 16 Februari menangkap perempuan kedua yang memiliki paspor Indonesia dan diduga terlibat pembunuhan Kim Jong Nam pekan ini di bandara internasional Kuala Lumpur. Seorang perempuan lain yang memiliki paspor Vietnam ditangkap Rabu 15 Februari terkait kasus itu. Polisi juga menangkap seorang laki-laki yang memberikan petunjuk atas penangkapan salah satu dari perempuan tersebut.

Pejabat-pejabat Korea Selatan mengatakan dua agen perempuan Korea Utara telah meracuni Kim Jong Nam di bandara dengan berulangkali menyemprotkan cairan tidak dikenal ke wajah laki-laki itu dan menutupi wajahnya dengan kain. Gambar-gambar kedua tersangka pelaku itu terekam kamera CCTV bandara.

Sebuah sumber pemerintah Malaysia memastikan pada kantor berita Reuters bahwa tersangka yang memiliki paspor Vietnam itu adalah perempuan yang sama yang gambarnya terekam CCTV, yang menunjukkan ia mengenakan kaos putih dengan huruf "LOL" di bagian depan.

Pihak berwenang Malaysia dilaporkan telah menolak upaya pejabat-pejabat Korea Utara yang ingin menghentikan otopsi mayat Kim Jong Nam.

(rfa)
1 / 5
Live Streaming
Logo
breaking news x