Kim Jong-nam Dibunuh, Siapa Target Berikutnya?

Saudara Tiri Penguasa Korut, Kim Jong-nam. (Foto: Yonhap)

Saudara Tiri Penguasa Korut, Kim Jong-nam. (Foto: Yonhap)

KEMATIAN kakak tiri Kim Jong-un, Kim Jong-nam, mengejutkan publik dunia. Banyak yang berspekulasi bahwa pembunuhan tersebut didalangi oleh agen mata-mata Korea Utara (Korut) yang berarti merupakan perintah dari diktator muda, Kim Jong-un.

Bukanlah rahasia lagi, jika rezim Kim Jong-un terkenal tak segan menyingkirkan lawan maupun menyingkirkan mereka yang dianggap sebagai pengkhianat, pembelot atau musuh negara tanpa pandang bulu. Kim Jong-un bahkan tak pernah ragu untuk mengeksekusi seseorang yang masih memiliki hubungan darah dengannya.

Rezim Kim Jong-un diketahui telah melakukan sejumlah pembunuhan terhadap target-target yang dinilai mengancam kekuasaan sang penguasa.

Sebagaimana diwartakan oleh Straits Times, Jumat (17/2/2017) menanggapi kematian Kim Jong-nam, para pengamat memprediksi penguasa Korut tersebut kemungkinan akan mengincar putra Jong-nam, Kim Han-sol yang dianggap sebagai ancaman potensial bagi kekuasaannya.

Kim Han-sol diketahui berkuliah di Paris. Pada 2012, dia juga pernah tinggal di Bosnia. Dan pada saat itu, kehadirannya mengundang perhatian awak media. Ia juga terbilang cukup vokal terkait pandangannya tentang gaya kepemimpinan sang paman.

Dalam wawancara dengan surat kabar Bosnia, Han-sol mendeskripsikan pamannya itu sebagai seorang diktator. Sementara tentang ayahnya, dia berkata, “Ayah saya (Jong-nam) tidaklah tertarik pada dunia politik.”

Selain itu, keselamatan saudara tiri Kim Jong-il yaitu Kim Pyong-il yang menjabat sebagai diplomat Korut untuk Republik Ceko juga menjadi perhatian. Ia dianggap menjadi salah satu yang termasuk di dalam daftar orang-orang yang akan disingkirkan Kom Jong-un di masa mendatang. (rav)

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x