Image

Pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah Miliki Dua Identitas Berbeda

Siti Aisyah, WNI yang diduga terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam. (Foto: The Star)

Siti Aisyah, WNI yang diduga terlibat dalam pembunuhan Kim Jong-nam. (Foto: The Star)

PETALING JAYA - Perempuan kedua yang ditangkap atas dugaan keterlibatan dalam pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah, adalah janda dengan anak yang masih kecil. Ia ternyata juga memiliki dua identitas berbeda.

Otoritas Malaysia merilis informasi penangkapan Siti Aisyah pada Rabu 16 Februari. Dalam keterangan resmi Kepolisian Malaysia disebutkan bahwa Siti Aisyah, yang ditulis dengan ejaan Siti Aishah, berasal dari Serang, Banten, sesuai identitas di paspornya saat ia ditangkap.

Mengutip media nasional Indonesia, The Star, Jumat (17/2/2017), menyebutkan, data kependudukan di tempat tinggal Siti, yaitu Angke, Tambora, Jakarta Barat, memperlihatkan fakta lain. Siti ternyata memiliki dua identitas, lengkap dengan foto berbeda.

Di identitas pertama, namanya ditulis Siti Aisyah. Tempat kelahirannya adalah Serang, Indonesia. Tanggal kelahiran pada daya itu adalah 11 Februari 1992. Pada foto terlihat rambut Siti dikuncir kuda.

Sementara itu, di identitas kedua, namanya tertulis "Siti Aisah" dengan tanggal lahir 1 November 1989. Foto identitasnya memperlihatkan rambut Siti dibiarkan teurai.

Nomor pada dua kartu identitas tersebut juga berbeda.

"Siti Aisyah" mencantumkan "pedagang" sebagai pekerjaannya. Sedangkan "Siti Aisah" menulis "ibu rumah tangga" di kolom pekerjaan.

Siti Aisyah ditangkap pada Kamis 16 Februari setelah teridentifikasi dari rekaman CCTV di bandara internasional Malaysia. Sehari sebelumnya, perempuan asal Vietnam, Doan Thi Huong (28) ditangkap saat sedang berusaha melarikan diri ke kampung halamannya.

Pengadilan memerintahkan Siti dan Doan ditahan selama tujuh hari dan penyidikan berlangsung. Keduanya diduga menyerang dan terlibat pembunuhan Kim Jong Nam di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) pada Senin 13 Februari pagi. Kala itu, Kim Jong Nam sedang bersiap memasuki pesawat ke Macau, yang menjadi tempat pengasingannya selama beberapa tahun terakhir. Para penyerang dilaporkan menyemprot racun di wajah Kim.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x