Ke Mana Dukungan PKB pada Putaran Kedua Pilgub DKI?

JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih belum memutuskan arah dukungan pada putaran kedua Pilgub DKI Jakarta 2017, menyusul pasangan calon yang didukungnya, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni mengalami kekalahan versi hitung cepat.

Ketua DPP PKB Lukman Edy mengungkapkan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar ini untuk mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat atau Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Pertimbangan pertama, menurut Lukman, yakni kesolidan Koalisi Cikeas dalam mendukung pasangan Agus-Sylvi kemarin. "Pertimbangan kekompakam koalisi ketika mengusung agus Yudhoyono juga jadi pertimbangan," kata Lukman saat dihubungi, Jumat (17/2/2017).

Selanjutnya, Lukman mengatakan, pertimbangan kedua adalah PKB merupakan partai pendukung pemerintah. Diketahui, Ahok-Djarot sebagian diusung oleh partai pendukung pemerintah seperti PDIP, Partai Golkar, Partai NasDem, dan Hanura.

"Ya pertimbangan bersama PDI Perjuangan itu bagian dari koalisi (pendukung) pemerintah akan dipertimbangkan," jelas Lukman.

Terakhir, kata Lukman, PKB akan mendengarkan masukan dari kiai-kiai Nahdlatul Ulama (NU) dan masyarakat Nahdliyin dalam menentukan dukungan di putaran kedua nantin. Lukman pun sesumbar kemana suara PKB akan berlabuh di situlah kemenangan akan didapat.

"Konstituen kita ada yang minta ke Ahok-Djarot, ada juga yang minta ke Anis-Sandi. Tapi PKB ini posisi penting, ke mana PKB akan bergerak di situ kemenangan," tukasnya. (fas)

(erh)
Live Streaming
Logo
breaking news x