Duh, Sekolah di Mentawai Belum Bisa Gelar UN Berbasis Komputer

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

PADANG - Sekolah di Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat, belum melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2017 karena kekurangan sarana dan prasarana.

"Dinas Pendidikan Mentawai melaporkan sekolah di kabupaten itu belum siap melaksanakan UNBK pada 2017, karena itu UN akan dilakukan secara manual dengan kertas," kata Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Burhasman Bur di Padang, belum lama ini.

Menurut dia, kebijakan yang diambil Dinas Pendidikan Mentawai itu bisa dipahami karena pelaksanaan UNBK memang tidak bisa dipaksakan jika sekolah memang tidak siap.

"Untuk apa dipaksakan jika hasilnya tidak semakin baik," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Mentawai, Sermon Sakerebau yang dihubungi dari Padang mengatakan, pihaknya memutuskan belum melaksanakan UNBK setelah meninjau kesiapan semua sekolah di daerah itu.

"Belum ada sekolah yang benar-benar siap baik dalam penyediaan sarana dan prasarana maupun tenaga pengajar. Karena itu diputuskan UN masih menggunakan kertas," ujarnya.

Meskipun UN dilaksanakan secara manual menggunakan kertas dan pensil, dia mengharapkan angka kelulusan UN di Mentawai dapat terus meningkat.

"Di Mentawai, kita ada 11 SMA, tiga SMK dan 23 SMP. Diharapkan pelaksanaan UN di Mentawai nanti dapat berjalan dengan lancar, dan angka kelulusan dapat terus meningkat lagi," katanya.

Data Dinas Pendidikan Sumbar, tahun ini ada 507 sekolah yang melaksanakan UNBK terdiri dari 157 SMP/MTS Negeri, 43 SMP/MTS Swasta, 107 SMA/MA Negeri, 54 SMA/MA Swasta dan 81 SMK Negeri serta 65 SMK Swasta.

Untuk menjaga kelancaran pelaksanaan UNBK Dinas Pendidikan Sumbar berkoordinasi dengan PLN agar tidak ada pemadaman listrik disaat para siswa sedang mengikuti ujian.

Sekolah juga diminta menyediakan genset sebagai antisipasi padamnya aliran listrik.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x