Petisi untuk Jadikan Obama Presiden Prancis Beredar di Negeri Mode

Petisi yang menginginkan Barack Obama untuk menjadi Presiden Prancis 2017 beredar. (Foto: Obama2017.fr)

Petisi yang menginginkan Barack Obama untuk menjadi Presiden Prancis 2017 beredar. (Foto: Obama2017.fr)

PARIS – Meski banyak menuai kontroversi semasa menjabat, mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama adalah seorang tokoh yang cukup populer baik di dalam negerinya maupun di dunia internasional. Karena itu tidak aneh jika setelah masa jabatannya berakhir, sejumlah orang ingin agar pria keturunan Kenya itu bisa menjadi presiden di negara mereka.

Hal itulah yang terjadi di Prancis. Publik Negeri Mode diramaikan dengan sebuah petisi yang menginginkan agar Obama menjadi Presiden Prancis 2017. Petisi muncul saat para kandidat presiden Prancis sibuk kampanye untuk merebut simpati publik.

Petisi itu diluncurkan oleh situs yang bernama Obama2017.fr. Dalam situs itu, publik Prancis didesak untuk membuat gebrakan dengan berani memilih orang asing sebagai presiden.

Tak hanya petisi, poster “Obama17” juga ramai bertebaran di Prancis. Menurut situs petisi tersebut, meski Obama bukan warga Prancis, dia memiliki kemampuan untuk menjadi Presiden Prancis.

Pemilu Presiden Prancis akan digelar 23 April mendatang. Jika dalam pemilu itu tidak ada kandidat yang meraih suara mayoritas untuk menjadi presiden, maka akan dilanjutkan pada pemilu putaran kedua pada 7 Mei mendatang.

Situs petisi itu berjanji untuk mengumpulkan satu juta suara untuk mendukung Obama yang sudah dua periode jadi Presiden AS dan meraih Hadiah Nobel Perdamaian.

“Barack Obama memiliki resume terbaik di dunia untuk pekerjaan ini,” tulis situs tersebut, yang dikutip Sabtu (25/2/2017). ”Kami ingin berjuang dengan memilih Presiden asing di negara kita yang indah,” lanjut tulisan di situs itu.

Petisi itu muncul ketika partai ekstem kanan Prancis mulai medominasi dalam jajak pendapat menjelang pemilu.

”Karena pada saat rakyat Prancis memilih secara besar-besaran untuk ekstrem kanan, kita masih bisa memberikan pelajaran demokrasi ke planet ini dengan memilih seorang Presiden Prancis, orang asing,” bunyi kampanye di situs tersebut.

Kelompok yang meluncurkan situs itu juga menyerukan kepada setiap wali kota di Prancis untuk mendukung mereka. Petisi itu disambut para warga Prancis melalui Twitter.

Ludovic Gautier seorang pengguna akun Twitter @Senordiezz menulis; “Saya mempunyai impian! #Obama17 #Presidentielle2017”.

Pengguna Twitter lainnya, Anshuman dengan akun @anshuman menulis; ”Obama untuk Presiden (Prancis) #yeswecan #ouionpeut #obama17”.

(dka)
Live Streaming
Logo
breaking news x