Presiden Prancis: Cegah Kemenangan Le Pen Merupakan Tugas Utama

Foto calon presiden Prancis, Marine Le Pen (Foto: AFP/Getty Images)

Foto calon presiden Prancis, Marine Le Pen (Foto: AFP/Getty Images)

PARIS – Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan, tugas utamanya saat ini adalah mencegah calon presiden dari partai Front National, Marine Le Pen, menang pada pemilihan presiden tahun ini. Hal tersebut diucapkan Hollande pada wawancaranya dengan media Eropa.

“Tujuan utama saya (saat ini) adalah untuk memastikan Prancis tidak memenangkan program seperti itu dan Prancis tidak mengemban beban berat,” ujar Hollande terkait kemungkinan kemenangan Le Pen, sebagaimana dikutip Reuters, Senin (6/3/2017).

Program yang dimaksud Hollande adalah janji Le Pen untuk mengadakan referendum di Prancis untuk memutuskan apakah negara tersebut perlu menarik diri dari keanggotaan Uni Eropa. Namun keputusan itu hanya diambil jika ia tidak berhasil menegosiasikan ulang posisi moneter, wilayah, hingga ekonomi Prancis di Uni Eropa.

Hollande menjelaskan, sebuah hal yang tak terelakkan jika setiap negara di Uni Eropa memiliki kemajuan dalam kecepatan yang berbeda. Hollande menambahkan, ia tidak melihat alasan untuk mempertanyakan peran Donald Tusk sebagai Presiden Uni Eropa.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x