facebook pixel

Tiga Mobil Listrik yang Pernah Mampir ke Indonesia

Toyota Mirai (foto: Okezone)

Toyota Mirai (foto: Okezone)

JAKARTA – Tren teknologi mobil listrik yang hingga kini terus berkembang di beberapa negara, gaungnya juga pernah hadir di Indonesia. Beberapa produsen bahkan pernah memperkenalkan jajaran produk mobil listriknya di ajang pameran automotif terbesar di Tanah Air beberapa tahun lalu.

Seperti Mitsubishi yang pernah memboyong model i-MiEV ke Indonesia. Namun sayang, mobil mungil yang pertama kali hadir di Indonesia ini hanya menjalani debut pamer yang dilakukan produsen Mitsubishi. Namun beberapa importir umum pernah menjual mobil berukuran mungil ini kepada konsumen di Indonesia.

Selain Mitsubishi, Toyota juga pernah memperkenalkan mobil bertenaga listrik yakni Mirai, bedanya Toyota tak seperti produsen automotif lain yang menggunakan tenaga listrik langsung dalam pengisian tenaga baterai. Toyota menggunakan bahan hidrogen sebagai bahan bakar untuk menghasilkan listrik pada produknya.

Meski mengusung platform kinerja mobil listrik yang sama dengan model lain, keunggulan mobil listrik hidrogen Toyota terletak pada pengisian hidrogen yang lebih cepat dibanding mengisi tenaga listrik langsung pada mobil. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk mengisi baterai di mobil listrik, sedangkan pengisian hidrogen hanya butuh waktu lima menit.

Tak hanya Toyota, Honda juga pernah membawa mobil listriknya ke Indonesia melalui produk mobil Clarity fuell cell pada 2016. Produk sedan ramah lingkungan dari Honda ini juga memiliki bahan bakar hidrogen sebagai penghasil listrik. Mobil ini tidak menghasilkan emisi dan hanya menghasilkan cairan dari sisa hasil kinerja motor listrik yang digunakan.

(ton)