Para Pembocor Rahasia Terkenal Sepanjang Sejarah Selain Edward Snowden

Karen Silkwood, meninggal secara misterius karena mengungkapkan aib perusahaan. (Foto: The Paranormal Guide)

Karen Silkwood, meninggal secara misterius karena mengungkapkan aib perusahaan. (Foto: The Paranormal Guide)

WHISTLEBLOWER atau pengungkap rahasia berbeda dengan mata-mata. Mereka adalah orang-orang yang menginginkan yang terbaik bagi negaranya, merasa ada yang salah dan kemudian mencoba membongkarnya ke publik demi mendorong penegakan hukumnya.

Biasanya julukan ini diberikan kepada orang dalam yang bersedia mengungkap aib suatu instansi, organisasi atau lembaga negara. Apa pun itu, mereka adalah orang-orang yang mempertaruhkan karier dan keselamatannya demi menguak tabir gelap yang selama ini ditutup rapat-rapat.

Snowden. (Foto: DN Fokus)

Salah satu pembocor rahasia negara yang terkenal adalah Edward Snowden. Pria berkacamata tersebut saat ini bersembunyi di Rusia karena negara kelahirannya, Amerika Serikat, menganggap dia sebagai pengkhianat. Tuduhan tersebut bermula dari skandal penyadapan oleh NSA yang dibeberkannya kepada wartawan.

Para pendukung Snowden di dalam negeri berupaya mendorong pemberian grasi baginya menjelang lengsernya Presiden Barack Obama tahun lalu. Sayang, presiden AS berdarah Kenya tersebut menolak memberikan pengampunan kepada Snowden.

Kehadiran orang-orang seperti Snowden memang menimbulkan polemik. Di satu sisi, mereka dipandang sebagai pahlawan, tetapi di sisi lain mereka dianggap sebagai pengkhianat. Selain Snowden, berikut ini lima pembocor rahasia paling terkenal sepanjang sejarah, seperti dilansir dari Wonder List, Senin (13/3/2017).

(Sil)
1 / 4
Live Streaming
Logo
breaking news x