facebook pixel

Nissan X-Trail Ini Didesain untuk Anjing, Seperti Apa Dalamnya?

Mobil konsep Nissan X-Trail 4Dog (The Telegraph)

Mobil konsep Nissan X-Trail 4Dog (The Telegraph)

MADRID - Nissan Spanyol mengembangkan mobil X-Trail yang ramah bagi anjing. SUV yang dinamakan mobil konsep X-Trail 4Dogs itu dilengkapi dengan perlengkapan dan fitur yang membuat suasana mobil seolah seperti di rumah bagi anjing.

Para engineer dari Nissan Spanyol membuatkan ruang khusus untuk anjing yakni di bagasi. Antara bagasi dan kabin dipartisi menggunakan sekat bolong. Sehingga, meski ruang geraknya dibatasi, namun masih bisa berinteraksi dengan majikannya.

Bagasi didesain mewah dengan lapisan kulit berwarna gelap, baik di dinding maupun lantai. Tak lupa tempat tidur empuk memanjakan sang anjing.

Agar pengemudi mudah memantau peliharaannya, dipasang kamera di bagasi yang terhubung ke layar di dasbor. Kamera bisa diarahkan ke sudut manapun untuk memastikan kondisi anjingnya.

Tak cuma itu, anjing juga bisa melihat majikannya yang sedang menyetir melalui layar di dekat tempat tidurnya.

Ada pula alat pembersih dan mesin pengering anjing. Mobil itu juga memberikan kemudahan bagi majikan untuk memandikan hewan peliharaannya di mana pun. Untuk membuat rapi kabin, selang dan peralatan mandi anjing bisa ditaruh di laci yang terletak di lantai. Ada dua laci, satu untuk menaruh perlengkapan mandi dan satu lagi merupakan tangga atau ramp.

Alat yang satu ini mungkin paling disukai anjing, yakni tempat makanan. Agar kabin tidak berantakan, alat itu didesain dapat menyembunyikan makanan. Caranya, anjing harus dilatih lebih dulu untuk menginjak satu tombol. Begitu selesai makan, ia harus menginjak tombol lainnya untuk menutup kembali makanannya. Tak lengkap rasanya jika tidak ada minum. Di tempat terpisah terdapat dispenser yang pengoperasiannya sama dengan makanan.

Anjing pun semakin dimanjakan dengan fitur penghangat dan pengering ruangan. Menjaga kondusivitas suhu diyakini akan membuat anjing semakin betah dan menyukai majikannya.

Untuk memudahkan anjing naik ke mobil, dipasang ramp sehingga hewan kesayangan tidak perlu meloncat. Dengan ramp tersebut diyakini mood anjing akan semakin baik saat pertama masuk ke mobil, bak karpet merah di acara besar yang memberikan kesan penghormatan.

Belum ada informasi kapan Nissan Spanyol akan memasarkan mobil ini.

(ton)
​