100 HARI TRUMP: Presiden AS Ajak Pangeran Arab Saudi Makan Siang di Gedung Putih

Presiden AS Donald Trump menjamu Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman di Ruang Oval Gedung Putih (Foto: Reuters)

Presiden AS Donald Trump menjamu Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman di Ruang Oval Gedung Putih (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump menyambut kedatangan Wakil Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman. Politikus Partai Republik itu menjamu sang pangeran makan siang di Gedung Putih, Washington.

Jamuan makan siang itu diyakini sebagai upaya awal Presiden Donald Trump untuk menjalin hubungan erat dengan Pangeran Mohammed bin Salman yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan Arab Saudi. Harapan untuk memperbaiki hubungan kedua negara meningkat usai jamuan tersebut.

Sebagaimana diberitakan, hubungan antara Arab Saudi dengan AS menghangat di masa pemerintahan Barack Obama. Di menit-menit akhir pemerintahannya, Obama menangguhkan penjualan senjata ke Arab Saudi karena peran sekutunya itu dalam perang Yaman. AS juga membuat Saudi sedikit tersinggung dengan langkah AS dalam kesepakatan nuklir Iran pada 2015.

Namun, seorang sumber dari Gedung Putih mengatakan topik utama perbincangan antara kedua pihak tersebut adalah investasi Arab Saudi di AS. Investasi dari Negeri Petrodolar itu dapat membantu janji Presiden Trump untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.

“Penciptaan lapangan kerja lewat investasi. Presiden Donald Trump ingin hasil dan statistik yang penting baginya. Cukup masuk akal bagi strategi diversifikasi investasi Arab Saudi di luar negeri, khususnya di AS,” ujar pengamat hubungan AS-Saudi, Ingrid Naranjo, mengutip dari Reuters, Rabu (15/3/2017).

Dalam pertemuan tersebut Presiden Donald Trump didampingi oleh Wakil Presiden Mike Pence, menantu sekaligus Penasihat Senior Jared Kushner, Kepala Staf Kepresidenan Reince Priebus, dan Penasihat Strategi Steve Bannon. Jamuan makan siang tersebut diadakan di Ruang Oval Gedung Putih, tempat presiden biasanya menyambut tamu negara.

(rfa)
Live Streaming
Logo
breaking news x