Putri Gus Dur Nilai KH Hasyim Muzadi Ulama "Macan Panggung"

KH Hasyim Muzadi (Foto: Okezone)

KH Hasyim Muzadi (Foto: Okezone)

JAKARTA – Rasa kehilangan atas wafatnya KH Hasyim Muzadi terus mengalir. Salah satunya dari putra sulung KH Abdurahman Wahid (Gus Dur), Alissa Qotrunnada Munawaroh (Alissa Wahid), yang sangat terkesan dengan KH Hasyim Muzadi dan menyebutnya sebagai “macan panggung”.

Ketua Jaringan Pemikiran Gusdurian itu mengingat Kiai Hasyim sebagai orang yang mampu menerjemahkan agama dalam bahasa yang sangat ringan serta menarik. Orang yang mendengar ceramah Kiai Hasyim, kata Alissa, akan mampu memahami pesan yang disampaikan.

“Sebagai ulama, Beliau ‘macan panggung’. Kalau berpidato atau berceramah, sangat menarik. Ilmu agama menjadi ringan,” demikian kata Alissa saat dikonfirmasi Okezone, Kamis (16/3/2017).

Selain itu, Alissa juga menilai sosok anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Joko Widodo (Jokowi) tersebut sebagai orang yang pekerja keras. Kiai yang mengagantikan Gus Dur di posisi Ketua Umum Nahdlatul Ulama (NU) pada 2001 itu juga dinilai sebagai ulama yang tidak kenal lelah dalam melakukan pendampingan kepada umat.

Alissa juga mengingat Kiai Hasyim saat terakhir bertemu setahun yang lalu, berpesan agar rutin mampir ke Pondok Pesantren Al Hikam, Depok, Jawa Barat. Ia juga menyampaikan punya angan-angan untuk membuat corner tokoh-tokoh bangsa di Perpustakaan Al Hikam.

“Terakhir ketemu setahun lalu, Beliau punya angan-angan membuat corner tokoh-tokoh bangsa di perpustakaan ponpes,” tandas perempuan yang menetap di Yogyakarata tersebut.

(ulu)
Live Streaming
Logo
breaking news x