VIDEO: Kesaksian Pembelot Korut Ini Ditonton 75 Juta Kali

Perempuan pembelot Korut Park Yeon-mi (Foto: Youtube)

Perempuan pembelot Korut Park Yeon-mi (Foto: Youtube)

PEREMPUAN pembelot Korea Utara (Korut) Park Yeom-ni tiba-tiba saja tenar. Sebab, video kesaksiannya akan kekejaman rezim Pyongyang pada 2014 kembali muncul di internet. Menurut Independent, video tersebut kini sudah ditonton lebih dari 75 juta kali.

Dalam video tersebut, Park Yeon-mi mengisahkan perjuangannya melarikan diri dari Korut pada usia 13 tahun. Sejumlah kisah horor itu dibagikannya di hadapan peserta Konferensi One Young World pada 2014.

Sumber: Independent

“Di hari saya melarikan diri dari Korea Utara, saya melihat ibuku diperkosa. Pelaku adalah seorang makelar China. Dia juga mengincarku yang saat itu berusia 13 tahun,” tutur Park Yeon-mi dengan setengah terisak, mengutip dari Independent, Jumat (17/3/2017).

“Ada pepatah di Korea Utara: ‘Perempuan itu lemah, tetapi ibu itu kuat.’ Ibu merelakan dirinya diperkosa untuk melindungiku,” tutur perempuan yang tampil dengan mengenakan Hanbok, pakaian tradisional Semenanjung Korea.

Video lama tersebut kembali muncul di tengah-tengah kehebohan dunia terhadap kasus pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri Pemimpin Tertinggi Korut Kim Jong-un. Pria berusia 46 tahun itu adalah putra sulung Kim Jong-il yang tersingkir. Jong-nam diketahui sudah tidak tinggal di Korut sejak beberapa tahun terakhir.

Tewasnya Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia, pada 13 Februari 2017 menimbulkan pertanyaan bagaimana Korut memperlakukan warganya, terutama para pembelot. Park Yeon-mi dalam video itu menuturkan kekejaman Korut tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

“Korut tidak bisa dideskripsikan. Tidak ada manusia yang pantas disiksa hanya karena tempat lahirnya. Kita harus mengurangi fokus kepada rezim, tetapi menambah fokus kepada orang-orang yang dilupakan,” tutup Yeon-mi.

(war)
Live Streaming
Logo
breaking news x