Mau Tahu Wasiat KH Hasyim Muzadi untuk Mensos? Nih..

JAKARTA – Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, KH Hasyim Muzadi berpesan tentang pentingnya ukhuwah Islamiah. Pesan ini pun disampaikan kepada Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa yang intensif mengunjungi Kiai Hasyim selama menjalani perawatan.  Almarhum juga mengingatkan Khofifah untuktidak lupa oyot atau akar. Terlebih lagi, akar dari peneguhan NKRI ketika persaudaraan antarumat Islam terbangun ukhuwah Islamiah.

"Seminggu lalu beliau berpesan, kamu jangan lupakan oyot atau akar. Akar dari persaudaraan antarumat Islam terbangun baik, maka akan terbangun ukhuwah Islamiah. Kemudian ketika persaudaraan antar manusia terbangun dengan baik, itu artinya ukhuwah nadiah, ketika persaudaraan dengan sesama NU artinya ukhuwah nadiniyah itu oyotnya," ujar Khofifah, seperti dikutip dari Koran SINDO, Jumat (17/3/2017).

Selain itu Ketua Umum PP Muslimat itu sendiri mengagumi kekuatan fisik almarhum. Dia menuturkan, di umur beliau yang sudah tidak muda lagi, dia masih sanggup melakukan perjalanan panjang.

"Beliau berusaha hadir di setiap undangan dan sering kali bepesan Islam rahmatan lilalamin. Pesan itu enggak pernah berhenti, yaitu Islam sebagai penyemai kasih, Islam penyemai damai, jangan menghadirkan Islam dengan kekerasan terus itu beliau lakukan," tutupnya.

Sementara menantu KH Hasyim Muzadi, Arief Zamhari mengungkapkan alasan almarhum ingin dimakamkan di Pondok Pesantren Al Hikam karena dia ingin tetap mendengarkan lantunan ayat suci Alquran dari santri-santrinya.

"Bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran," papar Arief.

Dia menjelaskan, bahwa sebulan lalu mertuanya sempat berkeliling mengitari pondok pesantren. Kemudian dia menunjuk langsung lokasi tanahnya. Saat itulah, dia berwasiat agar dimakamkan di lingkungan pondok pesantren Al Hikam, Depok.

"Beliau menunjukkan tempat terakhirnya dan sesuai amanat beliau ingin dimakamkan di samping STKQ," katanya.

Kemudian semasa hidup, mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden untuk pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) lebih sering berdiam di Depok. Sedangkan di Malang, jika ada pengajian bulanan saja. Namun sejak kondisinya menurun sekitar Februari dia lebih banyak beristirahat di Malang. (sym)

(fas)
Live Streaming
Logo
breaking news x