facebook pixel

Mobil Chevrolet Diklaim Tak Aman

Uji tabrak Chevrolet Enjoy (foto: Motor1)

Uji tabrak Chevrolet Enjoy (foto: Motor1)

NEW DELHI - Sebuah lembaga pengujian keselamatan Global NCAP akhirnya memupuskan klaim produsen Chevrolet yang menyatakan produknya memiliki standar keselamatan tinggi dengan fitur aktif dan pasif serta konstruksi bodinya dilengkapi dengan batang pengaman untuk mengurangi benturan saat terjadi kecelakaan.

Sayangnya dalam pengujian benturan yang dilakukan Global NCAP, beberapa produk Chevrolet seperti model MPV Enjoy yang dipasarkan untuk India saat dilakukan uji tabrak tidak membuktikan adanya kendaraan memiliki pelindung keselamatan maksimal bagi penumpang maupun pengemudi.

Melalui tayangan uji tabrak tersebut, terlihat seatblet pretensioner tidak bekerja maksimal, terlihat penumpang bagian depan terdorong ke depan hingga membentur dasbor. Lembaga Global NCAP juga merilis diperlukannya perangkat keselamatan tambahan bagi penumpang depan meski telah dibekali airbag.

"Tidak ada yang menikmati tentang skor keselamatan bintang nol dan GM harus malu bahwa mereka menjual mobil dengan tingkat memadai seperti perlindungan penghuni untuk konsumen India," David Ward, Sekretaris Jenderal Global NCAP, seperti dikutip dari Motor1, minggu (19/3/2017).

Pengujian dilakukan dengan kecepatan gerak kendaraan mencapai 64 kilometer per jam. Namun risiko kecelakaan yang bisa membahayakan seluruh penumpang terbilang cukup fatal. Bahkan produk MPV Chevrolet ini tidak mendapatkan rating bintang sama sekali dalam proses pengujian.

Sebagai informasi, Chevrolet Enjoy merupakan kendaraan MPV pertama yang masuk ke India sejak 2013. Hadir dengan dua pilihan mesin bensi dan diesel, pada model mesin bensin 1,4 liter punya tenaga 103 BHP dan 127 Nm torsi, sementara versi diesel 1,3 liter Multijet memiliki tenaga 77 BHP dan 200 Nm torsi. Keduanya menggunakan transmisi manual lima kecepatan.

(ton)
​