facebook pixel

Aturan Pakai dan Batas Kecepatan Penggunaan Ban Serep Mobil

Ilustrasi ban serep mobil (Foto: Chrysler capital )

Ilustrasi ban serep mobil (Foto: Chrysler capital )

JAKARTA - Bagi pemilik mobil ban serep mungkin menjadi salah satu bagian yang jarang diperhatikan. Hanya saja ketika terjadi ban kempis di tengah jalan, banyak pemilik mobil heran dengan ukuran ban cadangan yang berukuran lebih kecil.

Secara dimensi diameter ban cadangan memang dirancang lebih kecil dari ban yang digunakan. Sesuai dengan fungsinya, ban cadangan memang diperuntukan bagi kondisi darurat dan tidak bisa digunakan terus-menerus seperti roda pada umumnya.

Dengan ukuran yang lebih kecil, ban cadangan biasanya memiliki kekuatan yang juga berbeda dari ban utamanya. Karenanya beberapa aspek harus benar-benar diperhatikan pengemudi dalam menggunakan ban cadangan di saat darurat, salah satunya menjaga kecepatan kendaraan dan berjalan perlahan di jalan rusak.

Pada kecepatan penggunaan ban cadangan, pengemudi sendiri dianjurkan tidak boleh lebih dari 60 kilometer per jam. Jika batas kecepatan ini dilanggar, dikhawatirkan pengemudi bisa kehilangan kendali mengingat ukuran ban cadangan serta tapak roda ban cadangan kecil.

Karena hanya digunakan saat keadaan darurat, sebaiknya ketika menemukan bengkel langsung perbaiki ban utama yang kempis atau pun bocor agar bisa digunakan kembali.

(ton)
​