100 HARI TRUMP: Trump Sambut Kanselir Jerman di Gedung Putih

Pernyataan bersama Trump dan Merkel di Gedung Putih (Foto: AFP/Getty Images)

Pernyataan bersama Trump dan Merkel di Gedung Putih (Foto: AFP/Getty Images)

WASHINGTON DC – Pada Jumat 17 Maret 2017 waktu setempat, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menerima kunjungan kenegaraan Kanselir Jerman Angela Merkel di Gedung Putih. Kunjungan ini merupakan momen untuk pertama kalinya kedua pemimpin negara tersebut bertemu face to face.

Pada pernyataan bersama, Trump menyatakan Jerman dan negara Eropa lainnya perlu membayar iuran adil di NATO demi kepentingan pertahanan bersama. “Negara-negara ini perlu membayar hutangnya,” tutur Trump, sebagaimana dikutip dari USA Today, Sabtu (18/3/2017).

Selain itu, Trump menegaskan ia bersumpah AS akan terus bekerja sama dengan NATO. Membahas mengenai NATO, Merkel menyatakan Jerman akan meningkatkan kontribusinya demi mencapai tujuan NATO untuk menggunakan 2 persen dari produk domestik brutonya untuk militer.

Pada pernyataan bersama itu, selain membahas mengenai NATO, kedua petinggi negara tersebut juga sempat mendiskusikan kerjasama di bidang pelatihan kejuruan.  “Presiden dan kanselir telah mengadakan sejumlah pertemuan dan kemudian akan mengadakan pertemuan meja bundar yang berfokus pada pentingnya pelatihan kejuruan dengan para pemimpin bisnis AS dan Jerman,” tutur juru bicara Gedung Putih, Sean Spicer.

(emj)
Live Streaming
Logo
breaking news x