100 HARI TRUMP: Trump Mulai Geram dengan Korea Utara

Trump menyatakan Korea Utara telah berperilaku sangat buruk (Foto: Reuters)

Trump menyatakan Korea Utara telah berperilaku sangat buruk (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mulai mengekspresikan rasa geramnya dengan tindakan provokatif Korea Utara (Korut) selama ini. Ia menyampaikan kegeramannya itu melalui akun Twitter miliknya.

“Korut berperilaku sangat buruk. Mereka telah ‘main-main’ dengan AS selama bertahun-tahun. China tidak berbuat banyak untuk membantu,” tulis Trump di Twitter, sebagaimana dikutip dari Independent, Sabtu (18/3/2017).

Pada cuitannya tersebut, Trump juga menyindir China yang dianggap tidak memberikan tindakan tegas terhadap sekutunya tersebut. China sebagai salah satu sekutu utama Korut memang kerap mendapatkan tekanan komunitas internasional agar berusaha mendesak negara pimpinan Kim Jong-un itu menghentikan pengembangan senjata nuklirnya.

Komentar Trump itu bertepatan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson di Korea Selatan (Korsel). Pada kunjungan tersebut, Tillerson menyampaikan bahwa kesabaran strategis AS telah berakhir dan Negeri Paman Sam akan mulai bertindak atas berbagai tindakan provokatif Korut.

Namun pernyataan Tillerson itu mengindikasikan perubahan pada kebijakan AS terhadap Korut. Pasalnya di bawah kepemimpinan Barack Obama, AS lebih mengkritisi kebijakan Korut tapi jarang bertindak langsung untuk merespons aksi provokatif Pyongyang.

(emj)
TAG : EA Korea EA Korea
Live Streaming
Logo
breaking news x