facebook pixel

Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil Kedua

Ilustrasi membeli mobil baru (Foto: Confused)

Ilustrasi membeli mobil baru (Foto: Confused)

JAKARTA – Saat ini mobil tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi, tapi juga lifestyle. Maka tak jarang banyak orang, terutama yang berkantong tebal, tidak puas hanya memiliki satu mobil.

Umumnya mereka akan membeli mobil kedua agar sewaktu-waktu bisa dipakai secara bergantian. Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperimbangkan sebelum membeli mobil kedua. Berikut ini penjelasannya, sebagaimana dikutip dari Cek Aja, Minggu (19/3/2017).

Apakah mobil kedua karena alasan gengsi?

"Rumput tetangga memang selalu tampak lebih hijau." Tapi tidak perlu iri ketika tetangga sudah menambah mobil kedua, bahkan ketiga, karena mungkin saja mereka membelinya dengan cara mencicil. Belum lagi besarnya pajak yang harus dibayarkan. Namun yang jelas, jangan membeli mobil hanya karena ikut-ikutan.

Apa saja pro dan kontra memiliki mobil kedua?

Pro: Kenyamanan. Mungkin salah satu keuntungan dari memiliki dua mobil adalah kenyamanan. Anda bisa menggunakan mobil tanpa perlu mempertimbangkan kebutuhan anggota keluarga lain yang juga butuh menggunakan mobil.

Meskipun sulit diakui, memiliki dua mobil di garasi jelas menunjukkan kemampuan finansial. Orang-orang akan menilai Anda sebagai golongan menengah ke atas.

Kontra: Pengeluaran membengkak. Dengan memiliki dua mobil, pengeluaran akan bertambah. Namun sebelum membicarakan pengeluaran, Anda juga harus menghitung berapa yang dibutuhkan untuk membeli mobil.

Perawatan: Punya dua mobil berarti perawatan yang dilakukan harus dobel. Ada dua mobil yang harus dibawa ke bengkel secara rutin, dicuci, dan akan membuat pusing jika tiba-tiba rusak.

Tips untuk membeli mobil kedua

Membeli yang fungsinya beda. Jika kamu sudah punya mobil jenis SUV, coba lirik city car sebagai pilihan kedua. Begitu pula sebaliknya.

Beli mobil bekas berkualitas. Jika membeli mobil kedua merupakan kebutuhan, tidak perlu membeli mobil baru. Membeli mobil bekas tapi kondisinya masih bagus dapat menekan pengeluaran. (san)

(ton)