100 HARI TRUMP: Presiden Mesir Abdel Fattah al Sisi Kunjungi AS Awal April

Presiden Mesir Abdel Fattah al Sisi saat bertemu Trump tahun lalu. (Foto: AFP)

Presiden Mesir Abdel Fattah al Sisi saat bertemu Trump tahun lalu. (Foto: AFP)

WASHINGTON – Presiden Mesir Abdel Fattah al Sisi dijadwalkan mengunjungi Washington pada awal April. Kedatangan mantan Menteri Pertahanan Mesir tersebut dalam rangka memenuhi undangan dari tuan rumah Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Berdasarkan laporan surat kabar Mesir, Al Ahram, yang dikutip Reuters, Minggu (19/3/2017), ini merupakan kunjungan kenegaraan perdana Al Sisi sejak terpilih menjadi Presiden Mesir pada 2014. Presiden terdahulu AS, Barack Obama, tidak pernah mengundangnya secara khusus untuk datang ke Gedung Putih.

Meskipun keduanya sering bertemu di forum internasional. Seperti saat Sidang Umum PBB di New York akhir tahun lalu. Dalam kesempatan itu, Presiden Al Sisi bertemu kedua kandidat presiden AS yakni Hillary Clinton dan Donald Trump.

Trump mengundang Al Sisi ke Washington pada Januari 2017, tetapi belum diketahui apa saja yang akan menjadi agenda pertemuan kedua kepala negara tersebut. Tanggalnya juga belum ditentukan, tetapi dipastikan berlangsung selama pekan pertama April.

Presiden Abdel Fattah al Sisi (62) terpilih dalam pemilu demokratis, setahun setelah memimpin pengusiran terhadap kelompok militer pengacau, Ikhwanul Muslimin (IM). Kala itu, dia berhasil menyingkirkan Presiden Mohamed Mursi, pimpinan IM. Al Sisi memanfaatkan momentum protes massal dalam menggulingkan kekuasaan Mursi.

(Sil)
Live Streaming
Logo
breaking news x