facebook pixel

Ketika Para Risers Belajar Seni Lukis Tanah Liat di Fort Rotterdam

Para risers belajar seni lukis tanah liat di Fort Roterdam (Foto: Randy/Okezone)

Para risers belajar seni lukis tanah liat di Fort Roterdam (Foto: Randy/Okezone)

MAKASSAR - Salah satu rangkaian acara Datsun Risers Expedition (DRE) 2 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (20/3/2017), adalah mengeksplorasi situs Fort Rotterdam.

Selain mengunjungi Museum La Galego, risers juga diajak melukis dengan media tanah liat. Para risers antusias menyimak uraian singkat tentang bagaimana melukis dengan media tanah liat oleh maestro seniman Zaenal Beta atau yang akrab disapa Daeng Beta.

"Dulu inspirasinya hanya dari kertas lukis saya yang jatuh ke lumpur. Pas saya ambil, saya lihat ada bayangan benda. Dari situ saya kembangkan lukis tanah liat," jelas Daeng Beta.

Setelah menghasilkan beberapa karya lukis tanah liat, para seniman lain tak menganggapnya sebagai sebuah karya seni lukis. Namun hal itu tak menyurutkan niatnya untuk terus berkarya.

Saat mempraktikkan cara melukis tanah liat, sontak para risers yang penasaran mengerubunginya. Setelah Daeng Beta mencontohkan dua lukisan, baru para risers diberi kesempatan mencobanya.

Macam-macam gambar yang dibuat para risers, mulai dari pemandangan gunung, kapal laut, hingga logo Datsun GO. Sesekali, Daeng Beta menuntun satu per satu para risers untuk melukis.

"Melukis itu tidak perlu takut salah. Pakai rasa dan keberanian dalam membentuk gambar dengan tanah liat dan air. Kalau ragu, pasti akan kelihatan sekali dari hasilnya," tandas Daeng Beta.

(ton)
​