facebook pixel

Lima Mobil Konsep Terbaik Porsche yang Pernah Diperkenalkan

Mobil konsep Porsche (Motor1)

Mobil konsep Porsche (Motor1)

STUTTGART - Pabrikan mobil asal Jerman, Porsche, berdiri sejak 1931. Sebagai penanda kehadirannya di pasar automotif dunia, Porsche mulai memproduksi sekaligus memasarkan mobil pertamanya yaitu Porsche 356. Mobil dua pintu itu dirakit di Gmund, Austria. Selain mengembangkan mobil yang akan diproduksi massal, Porsche juga memperkenalkan mobil konsep. Tidak terbayang, berapa banyak jumlah mobil konsep Porsche sampai sekarang.

Dari sekian banyak mobil konsep, Porsche memilih lima terbaik yang pernah perusahaan perkenalkan. Berikut ini uraian singkatnya seperti dikutip dari Motor1:

5. Porsche Typ 754 T7

Mobil konsep Typ 754 T7 diperkenalkan pertama kali pada 1959. Mobil ini menjadi acuan desain untuk generasi pertama 911. Sampai sekarang, Porsche masih mempertahankan desainnya yaitu kap mesin yang panjang dan lampu utama bulat.

4. Porsche 989 Concept

Bergeser ke 1988, inilah pertama kalinya Porsche menuangkan ide untuk membuat mobil sport empat pintu. Diberi nama 989, mobil ini sempat mendapat lampu hijau untuk diproduksi, namun batal karena alasan yang tidak begitu jelas. Setelah diperkenalkan, 21 tahun kemudian, Porsche memutuskan memproduksinya sebagai Panamera generasi pertama.

3. Porsche Cayenne Cabriolet

Porsche memperkenalkan mobil dengan atap terbuka untuk pertama kalinya pada 2002. Kini, gaya Cayenne Cabriolet banyak diikuti oleh produsen mobil lain seperti Nissan Murano Cross Cabriolet dan Range Rover Evoque Convertible.

2. Porsche 918 Spyder Concept

Porsche 918 Spyder diperkenalkan pada 2010. Mobil ini memiliki desain yang sangat spektakuler sampai saat ini. Menariknya, Porsche tetap mempertahankan bentuk desainya hingga ke versi produksi. Porsche 918 Spyder diproduksi massal dan resmi dipasarkan pada 2013.

1. Porsche Mission E Concept

Porsche memperkenalkannya pada 2015 bersamaan dengan berlangsungnya Frankfurt Motor Show. Sedan bertenaga listrik ini rencananya akan masuk jalur produksi pada 2019. Sumber tenaga Mission E berasal dari dua motor listrik yang mampu memberikan dorongan tenaga sekuat 600 hp. Kemampuan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya 3,5 detik.

(san)

(ton)
​